Tuesday, June 21, 2011

Kontroversi Uji Coba Motor 1000cc

Pengumuman Ducati tentang rencana Valentino Rossi menggunakan GP11.1 di TT Assen mulai memicu kontroversi. Ada pihak yang menganggap Ducati dan Rossi telah “berbohong” soal uji coba GP12 di circuit Jerez dan Mugello.


Valentino Rossi Ducati Kontroversi Uji Coba Motor 1000cc

Regulasi MotoGP memang melarang pengujian oleh race rider (rider resmi team) untuk motor 800cc di luar jadwal test resmi yang sudah ditentukan. Sedangkan untuk menghadapi perubahan regulasi musim 2012, masing-masing pabrikan diberi jatah 8 hari pengujian bersama contract rider (rider yang sudah dikontrak untuk musim 2012).

Fakta bahwa Ducati melakukan test GP12 bersamaan dengan GP11 lalu disusul dengan pengumuman tentang GP11.1 lantas menimbulkan tanda tanya. Legalkan GP11.1? Benarkah yang diuji coba Ducati selama ini besama Valentino Rossi dan Nicky Hayden memang mesin 1000cc?
Menanggapi polemik ini, situs motomatters telah melansir jawaban dari Technical Director MotoGP, Mike Webb, yang didapatnya melalui email.

“Sebenarnya kami sudah meramalkan kemungkinan kontroversi seputar test 1000cc yang digunakan untuk 800(cc), so.. inspektur test Ducati di Mugello sebenarnya (adalah) asisten teknis saya yang bertanggung jawab atas penyegelan dan pelacakan mesin MotoGP”, demikian penjelasan Webb.
Kasus test Ducati terbilang cukup rumit karena disaat Rossi dan Hayden melakukan pengujian GP12, test rider Ducati, Franco Battaini dan Vittoriano Guareschi sedang menguji iterasi terbaru dari GP11, mesin yang akan dipakai Rossi saat balapan di Assen, sehingga untuk memastikan bahwa mereka benar-benar transparan tentang test tersebut, Ducati mengundang asisten Webb ke garasi mereka sepanjang uji coba.

“Dia tinggal di sana dari fajar hingga senja setiap hari, mengamati siapa yang mengendarai motor dan kapan. Dia diberi akses penuh untuk memeriksa apa pun yang diinginkannya, dengan kerjasama penuh dari Ducati.. Ini juga termasuk mengukur mesin GP12 untuk mengkonfirmasi bahwa itu bukan mesin 800(cc) yang menyamar”, Webb menjelaskan lebih lanjut.
Kemudian Webb juga mengungkapkan bahwa timnya telah pula memantau test yang dilakukan Honda di Jerez.

“Kami juga memiliki seorang pengamat di test 1000cc HRC. Tapi karena mereka tidak menguji Honda 800cc pada saat yang sama, kami mengandalkan pada perbedaan visual dan aural yang ada bukan mengukur kemampuan secara langsung. Dengan tidak ada 800(cc), sedikit peluang kebingungan antara motor yang berbeda..”

Jadi GP11.1 sekali lagi adalah bukti kecerdikan Ducati mencari celah regulasi…?

No comments:

Post a Comment