Tuesday, January 18, 2011

Sun & Moon VS Devil & Angel


rossi lorenzo 150x150 Sun & Moon vs Devil & Angel 

MotoGP Mania – Pasti udah pada nggak asing kan sama “dandanan” balap duo rider Fiat Yamaha? Yup, di bagian kaki Valentino Rossi & Jorge Lorenzo memakai warna yang berbeda antara kaki kanan dengan kaki kiri. So, mereka berdualah rider MotoGP yang pakai sepatu beda warna antara kanan & kiri. Bukan cuma warna, juga ada logo yang beda antara kanan & kiri. Walau dengan simbul & pilihan warna berbeda, ternyata ada kesamaan filosofi dibalik warna & logo yang berbeda pada kaki kedua rider papan atas MotoGP tersebut.

Sun & Moon

rossi 225x300 Sun & Moon vs Devil & Angel
Selain angka 46, lambang matahari & bulan jadi ciri khas Valentino Rossi yang lain. Lambang itu selalu dipakainya sejak awal terjun di kejuaraan balap motor dunia. Selain di kaki, lambang itu selalu ada pula di helm. Walau pake ornamen yang berbeda-beda, tapi intinya ya lambang matahari & bulan sabit itu. Apa maksud lambang itu? Simpel aja, matahari melambangkan sisi terang sementara bulan melambangkan sisi gelap. Dua sisi dunia yang juga dirasakan ada dalam diri Rossi. Suata saat Rossi bisa jadi pribadi yang sangat menyenagkan, ramah & humoris. Tapi di saat lain dia bisa jadi orang paling sombong & angkuh serta arogan. Saat balapan pun The Doctor bisa sangat enjoy & fun menjalaninya tapi saat lain bisa sangat ceroboh dan membahayakan rider lain. Seperti yang diceritakannya dalam autobiography “What if I had Never Tried it?”. Kejadian paling diingat Rossi saat sisi gelapnya mendominasi adalah MotoGP Qatar 2004. Saat itu dia kena pinalty dengan start dari grid terakhir. Gara-garanya seorang kru Rossi ketahuan membersihkan grid start Rossi saat malam sebelum race. The Doctor mencurigai, pihak Sete Gibernau lah yang melaporkan hal itu. Ya karena saat itu Rossi bersaing ketat dengan rider Spanyol tersebut.
Rossi sangat kesal dengan hukuman yang harus dijalaninya disaat yang paling menentukan. Saking kesalnya, Rossi bahkan hingga “mengutuk” Gibernau takkan bisa jadi juara seri lagi setelah kejadian ini. Entah karena kutukan itu memang manjur, yang pasti Sete memang tak sekalipun bisa meraih juara seri semenjak itu. Sementara saat race berlangsung, Rossi tampil bagaikan kesetanan. Dia menerobos rider di depannya dengan mengabaikan resiko. Alex Barros adalah salah satu rider yang sempat kena senggol. Dan ketika Rossi akhirnya bisa bergabung di barisan depan, dia tetap ngotot mengejar Gibernau hingga akhirnya terpelanting dari motornya.

Devil & Angel

lorenzo 225x300 Sun & Moon vs Devil & Angel
 Jorge Lorenzo mulai memakai warna berbeda pada kaki kanan & kirinya sejak musim 2009 lalu. Bertepatan dengan penggunaan angka 99 sebagai pengganti angka 48 yang sebelumnya selalu dipakainya. Sejak berlaga di kelas 250cc, Lorenzo juga memasukkan sepatu balapnya ke dalam celana, namun warna kanan & kiri sama serta sama-sama dihiasi logo X-Fuera.
Lorenzo memilih warna merah di kaki kanan & warna putih di kaki kiri. Angka 99 dipecah dua. Di kaki kanan angka 9 berwarna merah dengan lambang tanduk diatasnya, sebagai simbol devil (setan), sedangkan di kaki kiri ada angka 9 berwarna putih dengan lambang lingkaran di atasnya sebagai simbol angel (malaikat). Seperti halnya filosofi Rossi, simbol devil & angel juga melambangkan dua sisi kepribadian yang bertolak belakang. Dua sisi kepribadian itu pula yang dirasa ada pada diri rider Spanyol tersebut.
Konsep sun & moon serta devil & angel ini mirip dengan filosofi yin & yang. Dua kutub yang berlawanan akan menimbulkan kekuatan yang luar biasa jika dapat diseimbangkan. MotoGP Mania silakan lihat saja siapa diantara Rossi & Lorenzo yang lebih bisa mencapai keseimbangan itu…

No comments:

Post a Comment