Monday, January 31, 2011

Slogan Semakin Di Depan lebih bagus ketimbang One Heart

Kali ini saya tidak ingin membahas seputar MotoGP 2011, cuma ingin mengungkapkan atau mengomentari soal slogan dari dua pabrikan motor jepang yaitu Yamaha dan Honda. Sejak awal tahun yamaha sudah membuat slogan yamaha yaitu SEMAKIN DI DEPAN dan slogan kalimat ini juga digunakan juga sebagai sponsor balapan motor MotoGP dan di gunakan di dalam Team FIAT YAMAHA TEAM. Nama pembalap yamaha fiat team yaitu Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Slogan yamaha “SEMAKIN DI DEPAN” dapat di lihat di samping jaket kanan kiri dari lengan pembalap rossi dan lorenzo serta slogan kalimat “SEMAKIN DI DEPAN” dibagian belakang jok motor kanan kiri.
Artikel berasal dari www.crypton97.us
Sedangkan beberapa hari yang lalu saya sempat baca bahwa Honda indonesia juga telah menjadi sponsor resmi di MotoGP. Dan memang ternyata benar dilihat pada beberapa seri terakhir motoGP tahun 2010 ini slogan honda ini muncul . Dan slogan honda indonesia yang ditampilkan dengan kalimat ” One Heart” . Slogan kalimat ini tampil sebagai sponsor pembalap honda yaitu Dani Pedrosa dan Andrea Davisioso dari Honda Racing Team atau disingkat HRC. Dan posisi slogan honda dengan kalimat ” One Heart” dengan tulisan lebih besar berada dibawah dekat mesin dan ada di posisi kanan kiri.
Yang jadi pertanyaan dan unek unek dalam hati… kenapa Honda indonesia menggunakan slogan berbahasa inggris, kenapa bukan menggunakan bahasa nasional indonesia. Sudah jelas iklan dibuat di indonesia kenapa masih menggunakan bahasa inggris, apa memang tidak bisa menghargai bangsa sendiri apa yak :D .
Meski honda ikutan sebagai sponsor balapan motor MotoGP dan slogan “one heart” muncul dan bisa terlihat di layar kaca, tidak semua orang tahu dan mengerti apa maksud serta dari negara mana kalimat slogan sponsor itu dibuat. Karena sudah jelas kalimat slogan yang dibuat berbahasa inggris. Bisa saja orang luar indonesia menganggap slogan honda “one heart” dibuat dari negara inggris, negara amerika, atau negara lain yang bahasa nasionalnya inggris.

Berbeda dengan Yamaha Indonesia, membuat slogan dengan kalimat yang berbahasa indonesia. Jadi meski sejak awal tahun 2010 resmi ikutan sebagai sponsor di FIAT YAMAHA TEAM motogp , kalimat slogan  “Semakin DiDepan” dapat di ketahui asal muasal kalimat ini datangnya dari negara mana. Ya jelas negara indonesia raya. Orang luar indonesia yang sedang menonton acara motogp pasti mengerti slogan kalimat ” Semakin Di Depan” di gunakan oleh negara mana. Kalaupun tidak mengerti biasanya akan mencari kamus terjemahan  .


















Kesalahan besar kalau orang indonesia membuat slogan ataupun iklan dengan menggunakan bahasa inggris. Pertama tidak menghargai bangsa sendiri. Kedua tidak memiliki rasa nasional.
Apa gunanya lahir dan hidup di negara indonesia, kalau lebih memfokuskan diri dengan menggunakan bahasa orang luar. Lagi pula kalau bikin iklan atau slogan kalimat dengan bahasa inggris kemudian di tampilan di layar kaca dalam bentuk iklan, tidak semua orang mengerti maksudnya apa karena tidak semua orang mengerti bahasa inggris. Kalau ingin produk atau jualannya dapat laku usahakan menggunakan bahasa nasional indonesia. Ditayangkan iklannya di negara indonesia yaa iklan yang di tampilkan menggunakan bahasa indonesia pula.
Selain hebat dalam membuat slogan iklan atau motto yang di keluarkan yamaha indonesia dengan menggunakan bahasa indonesia, hebatnya dapat menjadi sponsor tetap di stasiun televisi swasta nasional yaitu Tran7 dalam acara siaran langsung MotoGP setiap tahunnya. belum lagi di dukung oleh pembalap Yamaha yaitu Jorge Lorenzo sebagai juara dunia MotoGP tahun 2010 ini. Artinya memang Yamaha SEMAKIN DI DEPAN dan yang lain semakin ketinggalan

No comments:

Post a Comment