Tuesday, January 18, 2011

2010, Tahun Kejayaan Spanyol

Tahun 2010 benar-benar menjadi tahun kejayaan negeri Spanyol dalam bidang olahraga tingkat dunia. Setelah timnas sepak bola mereka berhasil membawa pulang trofi Word Cup 2010, Spanyol juga mendominasi ajang MotoGP. Juara dunia dan runner-up di tiga kelas yang dipertandingkan (125cc, Moto2 & MotoGP) semuanya diisi oleh rider asal negeri Matador.
.
2010 world champions 2010, Tahun Kejayaan Spanyol


Toni Elias menjadi Spaniard pertama yang memastikan gelar juara dunia di sirkuit Sepang Malaysia. Elias sukses mencatatkan diri sebagai juara dunia kelas Moto2 untuk pertama kalinya. Masih di seri yang sama, Jorge Lorenzo juga berhasil mengunci gelar juara dunia di kelas MotoGP. Ini adalah gelar juara pertamanya di kelas puncak. Total Lorenzo mengoleksi tiga juara dunia. Dua lainnya diperoleh secara beruntun di kelas 250cc pada tahun 2006 & 2007.
Marc Marquez melengkapi dominasi Spanyol dengan mengukuhkan diri sebagai juara dunia kelas 125cc di seri terakhir (Valencia). Meski baru dipastikan di seri pamungkas namun sejak awal sejatinya juara kelas 125cc sudah dipastikan akan jatuh ke tangan rider Spanyol. Itu karena tiga rider yang punya kans merebut gelar itu semuanya berasal dari Spanyol. Akhirnya Marquez berhasil menundukkan dua rekan senegaranya, Nicolas Terol dan Pol Espargaro.
Jika di kelas 125cc peringkat tiga besar dikuasai para Spaniard, di dua kelas diatasnya Spaniard “cuma” berhasil menguasai posisi 1 dan 2. Di kelas Moto2 posisi ruuner-up jatuh ke tangan Julian Simon sedangkan di kelas MotoGP menjadi milik Dani Pedrosa.
Kejayaan Spanyol di pentas olah raga dunia masih mungkin berlanjut di ajang Formula 1 (F1). Itu jika Fernando Alonso kembali menjadi juara dunia.

No comments:

Post a Comment