Tuesday, January 11, 2011

Profil circuit MotoGP

COMMERCIALBANK GRAND PRIX OF QATAR: 
 Lokasi : Doha, QATAR
  Zona Waktu : GMT +3
Panjang : 5,38 km
Belokan: 16
2010 Pemenang  :
125 cc - Nicolas Terol (Aprilia)
Moto2 - Shoya Tomizawa (Suter )
MotoGP - Valentino Rossi (Yamaha)

Perubahan ekstrem terjadi pada musim 2008, di mana Losail untuk kali pertama memanggungkan balapan malam.
Untuk menggelar balapan malam, dibutuhkan sarana penerangan yang luar biasa besar. Karenanya, Losail menyandang gelar sebagai venue olahraga dengan penerangan permanen terbesar di duniaadalah satu-satunya sirkuit tuan rumah pergelaran Moto GP di kawasan timur tengah. Sirkuit ini dibangun dengan super kilat, kurang dari satu tahun.

Cepatnya pembangunan sirkuit ini didukung oleh penggunaan 1.000 orang pekerja pembangunan. Dana yang dibutuhkan pun sangat besar, yakni 58 juta dolar AS atau sekitar Rp 540 miliar.

Pada tahun 2004, sirkuit Losail untuk kali pertama menggelar balapan Moto GP. Perubahan ekstrem terjadi pada musim 2008, di mana Losail untuk kali pertama memanggungkan balapan malam.

Untuk menggelar balapan malam, dibutuhkan sarana penerangan yang luar biasa besar. Karenanya, Losail menyandang gelar sebagai venue olahraga dengan penerangan permanen terbesar di dunia.

GRAN PREMIO bwin DE ESPAÑA: Circuito de Jerez
 Lokasi : Jerez de la Frontela, SPAIN
  Zona Waktu: GMT +1
Panjang : 4,428 km
  Belokan : 13
2010 WINNERS :
125 cc - Pol Espargaro ( Derbi )
Moto2 - Toni Elias (Moriwaki )
MotoGP - Jorge Lorenzo (Yamaha)

Inilah salah satu sirkuit dengan antusiasme penonton terbesar di ajang Moto GP. Sekitar 120.000 penonton diperkirakan mendatangi lintasan sepanjang 4,428 km ini setiap digelarnya Moto GP Spanyol.

Dibuka secara resmi tahun 1985, Jerez mulai menjadi tuan rumah Moto GP tahun 1987. Sirkuit dengan 13 tikungan ini juga sempat menggelar balapan F1 dalam selang 1986-1997 dengan Michael Schumacher sebagai pemegang rekor lap tercepat, sedangkan untuk ajang Moto GP pemegang rekornya adalah pembalap Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo dengan catatan waktu 1:38.189.

Valentino Rossi adalah pembalap yang paling sering menjadi juara di sirkuit ini setelah mampu naik podium teratas sebanyak lima kali. Di belakang The Doctor ada Mick Doohan yang empat kali menjadi juara.

GRAND PRIX DE FRANCE: Bugatti Circuit Le Mans
Lokasi : Le Mans, Perancis
  Zona Waktu: GMT +1
  Panjang : 4,27 km
  Belokan : 11
2010 Pemenang :
125 cc - Pol Espargaro (Derbi)
Moto2 - Toni Elias (Moriwaki)
MotoGP - Jorge Lorenzo ( Yamaha )

Sirkuit Bugatti adalah trek balapan yang berada di Le Mans, Prancis. Sirkuit ini memang lebih dikenal menggelar balapan 24 jam Le Mans. Namun di sirkuit ini juga telah menjadi bagian sejarah dalam balap GP motor.

GP Pertama di Le Mans digelar pada 1969. Di trek sepanjang 4.180 m memang telah menyimpan banyak cerita persaingan pembalap besar. Apalagi dengan kondisi hujan yang mengguyur sirkuit Le Mans, apapun bisa terjadi disana.

Pada musim 2003, Sete Girbenau berhasil menjadi juara setelah melewati Valentino Rossi di tikungan terakhir dalam balapan yang sempat terhenti karerna hujan. Namun Rossi mampu membalasnya dua tahun kemudian juga dalam kondisi hujan.

Sementara pada 2006 ini, Marco Melandri berhasil memenangi balapan. Sementara Rossi yang sempat memimpin hingga lap ke-20, harus terhenti karena masalah teknikal. Meski demikian di 2008, Rossi kembali berhasil menjadi juara di sana.

GRAN PREMIO D'ITALIA: Autodromo Internazional del Mugello

Lokasi : Mugello, ITALY
  Zona Waktu : GMT +1
  Panjang: 5,245 km
  Belokan : 14
2010 Pemenang  :
125 cc - Marc Marquez (Derbi)
Moto2 - Andrea Iannone (Speed Up )
MotoGP - Dani Pedrosa - (Honda)

Sirkuit Mugello adalah sirkuit yang terletak di wilayah Mugello yang berada di dekat Florence, Italia. Memiliki panjang lintasan 5.245 km, dan mempunyai 15 tikungan yang kompleks dan trek lurus yang cukup panjang. Sirkuit tersebut memiliki karakter teknis yang menantang bagi setiap pembalap.

Dengan trek lurus sepanjang 1,141 km, motor bisa digeber sampai lebih dari 340km/jam (rekor top speed 342,966 km/jam oleh Alex Barros, 2004, Honda). Namun, di ujung trek lurus, di depan podium San Donato, tikungan tajam ke kanan akan memaksa pembalap untuk menurunkan kecepatan motornya dengan sangat drastis. Dari 340 km/jam ke 100 km/jam.

Sejak diselenggarakan pada 1976, Honda memiliki catatan bagus di Mugello sebagai pabrikan yang merebut kemenangan terbanyak. Tapi melalui Valentino Rossi, Yamaha mendominasi beberapa tahun terakhir.

Barry Sheene menjadi pembalap pertama kelas utama yang menjadi juara. Dengan mengendarai Suzuki, legenda grandprix motor itu hanya unggul 0,1
detik dari runner-up Phil Read. Itu adalah salah satu gap terkecil dalam lomba kelas utama.

Adapun Honda adalah pabrikan paling sukses dalam lomba kelas utama. Mereka membukukan 14 kemenangan. Sementara Yamaha mengoleksi 6 kemenangan di Mugello. Pada 1978 mereka juara lewat Kenny Roberts, sedangkan pada 1991 oleh Wayne Rayney.

Sedangkan Ducati belum pernah menang di depan pendukungnya sendiri, tetapi selalu menempatkan pembalapnya di podium dalam 3 tahun terakhir. Mereka juga merebut pole dalam dua tahun terakhir, 2006 oleh Sete Gibernau, dan 2007 oleh Casey Stoner.

Mugello adalah salah satu sirkuit dalam kalender tahun ini, dimana Bridgestone belum pernah menang. Empat lainnya adalah Estoril, Assen,
Sachsenring, dan Indianapolis.

Valentino Rossi adalah pembalap dengan rekor kemenangan beruntun terpanjang di Mugello, yaitu dengan 7 kemenangan. Rossi juga merupakan
pembalap grand prix motor tersukses di Mugello dengan 9 kali kemenangan, 7 kali di kelas utama, dan sekali di kelas 125 cc dan 250cc.

Loris Capirossi adalah pembalap Italia pertama yang menjadi pemenang di kelas utama di Mugello pada tahun 2000, yang pada saat itu masih menggunakan mesin 500cc. Adapun rekor lap tercepat dicatat Max Biaggi di tahun 2005 dengan torehan waktu 1 menit 50.117 detik.


BRITISH GRAND PRIX: Circuit Silverstone
Lokasi : Silverstone, Northamptonshire, Inggris
  Zona Waktu : GMT
  Panjang : 5,9 km
  Belokan : 18
2010 WINNERS :
125 cc - Marc Marquez (Derbi)
Moto2 - Jules Cluzel (Suter)
MotoGP - Jorge Lorenzo (Yamaha)

Sirkuit Silverstone merupakan sirkuit balap F1 yang terletak di Silverstone, Inggris. Di Formula Satu, Michael Schumacher mengalami kecelakaan di sirkuit ini pada Juli 1999 mengalami patah kaki. Jumlah tikungan ada 17. Dibuka tahun 1948 dengan kondisi awal saat itu sebagai bekas lapangan terbang militer kerajaan Britania Raya. Sejak saat itu berbagai macam renovasi mulai dilakukan agar sirkuit tidak terlalu terlihat seperti lapangan terbang, dan renovasi terakhir dilakukan di musim 2010 seiring berbagai macam balapan yang singgah di sirkuit ini selain F1 seperti: MotoGP, dan Superleague Formula.

TT ASSEN: TT Circuit Assen
Lokasi : Assen, Belanda
  Zona Waktu : GMT +1
Panjang : 4,54 km
  Belokan : 21
2010 Pemenang :
125 cc - Marc Marquez (Derbi)
Moto2 - Andrea Iannone ( Speed Up)
MotoGP - Jorge Lorenzo (Yamaha)


Tak salah kalau MotoGP Belanda yang digelar di Sirkuit Assen mendapat julukan "The Cathedral"-nya balapan Motor. Sirkuit sepanjang 4,555 km ini merupakan satu-satunya lintasan yang sudah menjadi tuan rumah MotoGP sejak seri pertama grand prix digelar tahun 1949 silam.

Sirkuit Assen juga menjadi satu-satunya seri yang digelar bukan pada hari minggu, balapan di lintasan dengan 11 tikungan ke kanan dan enam belokan ke kiri itu selalu dihelat pada Sabtu terakhir Bulan Juni.

Dengan permukaan lintasan yang membuat ban memiliki daya cengkram di atas rata-rata dibanding lintasan lain – termasuk saat hujan -- Assen adalah salah satu sirkuit dengan karakter cepat. Sirkuit ini dianggap banyak memiliki jebakan yang menuntut kemampuan teknis pembalap dan tak memberi kesempatan pembalap melakukan kesalahan.

Assen merupakan satu-satunya lintasan yang khusus dibuat untuk balap Motor, sebelum kemudian menjadi tuan rumah ajang Champ Car mulai tahun 2007 lalu.

GRAN PREMI DE CATALUNYA: Circuit de Catalunya
Lokasi : Barcelona, Catalonia, Spanyol
  Zona Waktu: GMT +1
  Panjang : 4,655 km
  Belokan : 16
2010 Pemenang :
125 cc - Pol Espargaro (Derbi)
Moto2 - Yuki Takahashi (Tech 3)
MotoGP - Jorge Lorenzo (Yamaha) 




Circuit de Catalunya merupakan salah satu sirkuit yang terletak di pinggiran kota Barcelona, Spanyol. Tepatnya di Montmelo. Sirkuit ini dipakai untuk balapan Formula Satu, GP2, MotoGP, dan Spanish GT. Jumlah tikungan di sirkuit ini ada 13. Di MotoGP tahun 2006 Marco Melandri, Sete Gibernau, Loris Capirossi, Randy de Puniet, dan Daniel Pedrosa mengalami kecelakaan di tikungan pertama.


MOTORRAD GRAND PRIX DEUTSCHLAND: Circuit der Sachsenring


Lokasi : Saxony, Jerman
  Zona Waktu : GMT +1
  Panjang : 3,7 km
  Belokan : 14
2010 Pemenang :
125 cc - Marc Marquez (Derbi)
Moto2 - Toni Elias (Moriwaki)
MotoGP - Dani Pedrosa - ( Honda)



Sirkuit Sachsenring terletak di Hohenstein-Ernstthal dekat Chemnitz di Saxony, Jerman. Lintasan di sirkuit ini memanjang sampai 3,671 km dengan jumlah 14 tikungan (sepuluh kiri dan empat kanan).

Balapan pertama dilangsungkan di sirkuit ini pada 26 Mei 1927, di lintasan yang saat itu memanjang sampai 8,7 km di jalanan umum. Baru sepuluh tahun kemudian nama "Sachsenring" lahir.

Ketika Jerman masih terpisah menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur, sirkuit ini sudah dijadikan arena balap pada 12 ajang GP Jerman Timur pada periode tahun 1962-1971.

Semenjak tahun 1998, Sachsenring rutin menggelar MotoGP seri GP Jerman yang sebelumnya diadakan di Nurburgring. Dari tahun ke tahun, jumlah penonton di sana terus bertambah dengan 226,944 penonton tercatat pada tahun 2007.

Dani Pedrosa dari Honda masih menjadi pemegang waktu tercepat di sini dengan waktu 1 menit 23,082 detik yang
ditorehkannya tahun 2007. Sementara rider Ducati Tony Bayliss mencatatkan kecepatan tertinggi pada tahun 2004 dengan 290,869 km/jam.


RED BULL U.S. GRAND PRIX: Mazda Raceway Laguna Seca
 Lokasi : Monterey, California, Amerika Serikat
  Zona Waktu : GMT -8
  Panjang : 2,238 km
  Belokan : 11
2010 Pemenang :
MotoGP - Jorge Lorenzo (Fiat Yamaha)


Laguna Seca terletak di kota Monterey, California, Amerika Serikat. Pertama kali dibuka pada tahun 1957 setelah menghabiskan dana 1,5 juta dollar AS sebagai ongkos pembangunannya.

Berbagai balapan digelar di sirkuit sepanjang 3,6 km ini. Selain MotoGP, Laguna Seca juga menjadi tuan rumah beberapa event seperti F1, CART, Champ Car Marlboro Challenge, American LeMans Series, hingga A1GP.

Khusus untuk MotoGP, sirkuit ini pertama kali menggelarnya pada tahun 1991. Ketika itu pembalap Yamaha, Eddie Lawson, tampil sebagai juara. Setelah vakum dari kurun waktu 1995-2004, mereka pun kembali menggelar balapan MotoGP tahun 2005. Pada tahun tersebut Nicky Hayden berhasil keluar menjadi juara bersama tunggangannya, Honda RC211V.

Nama pembalap Yamaha, Wayne Rainey, tercatat sebagai yang paling sering menjadi juara di sirkuit yang memiliki 11 tikungan ini. Rainey tercatat sebagai juara pada tahun 1989, 1990, dan 1991. Pada pehelatan tahun 2007 nama Casey Stoner lah yang keluar sebagai juara.

Sementara itu, Helio Castrovenes tercatat sebagai pemegang rekor lap time ketika berlaga di ajang Champ Car. Pembalap asal Brasil itu menorehkan catatan waktu 1:07,722 detik

Laguna Seca merupakan sirkuit yang berlawanan dengan arah jarum jam. Sirkuit ini juga memiliki sebuah tikungan yang amat terkenal, Corkscrew. Tikungan kedelapan ini dianggap sebagai salah satu tikungan paling menantang dalam dunia motorsport. Tikungan tersebut berbentuk menyerupai huruf 'U' dengan landasan yang menurun di akhirnya.

Sirkuit ini hanya menggelar balapan kelas MotoGP (dulu 500 cc) dan tidak menggelar balapan untuk kelas 125 cc dan 250 cc/Moto2.

CARDION AB GRAND PRIX CESKE REPUBLIKY: Brno Masaryk Circuit
 Lokasi: Brno, Republik Ceko
  Zona Waktu : GMT +1
  Panjang : 5,4 km
  Belokan : 15
2010 Pemenang  :
125 cc - Nicolas Terol (Aprilia)
Moto2 - Toni Elias (Moriwaki)
MotoGP - Jorge Lorenzo (Yamaha)


Sirkuit Brno memang telah menjadi salah satu sirkuit yang menyimpan nilai historis. Di sirkuit Automotodrom Brno ini menjadi saksi prestasi para pembalap-pembalap besar.

GP Republik Ceko pertama kali digelar pada 1965 memakai sirkuit lama dengan panjang lintasan 13,94 km. Namun pada 1975 panjang sirkuit di perpendek menjadi 10,92 km dan bertahan hingga 1982.

Sirkuit Automotodrom Brno kembali direnovasi menjadi seperti sekarang yaitu 5.403 m. Hal itu dilakukan sebagai standar kelayakan keselamatan.

Sirkuit ini memang menyimpan banyak sejarah dari para pembalap besar. Seperti pada 1996, pembalap Honda Mike Hailwood berhasil menjuarai 3 kelas GP dalam satu hari (500cc, 350cc dan 250cc).

Sementara di era 90-an, Max Biaggi menjadi pembalap yang paling banyak meraih kemenangan di Brno. Pada 2006, Loris Capirossi meraih kemenangan pertama bagi Ducati dan juga Bridgestone.

Hingga saat ini catatan waktu lap yang dibuat Capirossi masih tercatat sebagai rekor sirkuit. Pada tahun lalu pembalap Ducati Casey Stoner yang berhasil menjadi juara di Brno.

Sirkuit Brno memang telah menjadi salah satu sirkuit yang menyimpan nilai historis. Di sirkuit Automotodrom Brno ini menjadi saksi prestasi para pembalap-pembalap besar.

GP Republik Ceko pertama kali digelar pada 1965 memakai sirkuit lama dengan panjang lintasan 13,94 km. Namun pada 1975 panjang sirkuit di perpendek menjadi 10,92 km dan bertahan hingga 1982.

Sirkuit Automotodrom Brno kembali direnovasi menjadi seperti sekarang yaitu 5.403 m. Hal itu dilakukan sebagai standar kelayakan keselamatan.

Sirkuit ini memang menyimpan banyak sejarah dari para pembalap besar. Seperti pada 1996, pembalap Honda Mike Hailwood berhasil menjuarai 3 kelas GP dalam satu hari (500cc, 350cc dan 250cc).

Sementara di era 90-an, Max Biaggi menjadi pembalap yang paling banyak meraih kemenangan di Brno. Pada 2006, Loris Capirossi meraih kemenangan pertama bagi Ducati dan juga Bridgestone.

Hingga saat ini catatan waktu lap yang dibuat Capirossi masih tercatat sebagai rekor sirkuit. Pada tahun lalu pembalap Ducati Casey Stoner yang berhasil menjadi juara di Brno.

RED BULL INDIANAPOLIS GRAND PRIX: Indianapolis Motor Speedway
Lokasi : Speedway, Indiana,Ameriks Serikat
  Zona Waktu :  GMT -5
  Panjang : 4,218 km
  Belokan : 16
2010 Pemenang :
125 cc - Nicolas Terol (Aprilia)
Moto2 - Toni Elias (Moriwaki)
MotoGP - Dani Pedrosa - ( Honda)


Sejak diumumkan sebagai salah satu tuan rumah pergelaran MotoGP musim 2008, Indianapolis memang langsung berbenah. Selain dua kompleks tikungan tersebut, sebenarnya masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Contohnya adalah pembuatan beton pembatas dan pagar. Jaminan datang dari pihak pengelola sirkuit bernama lengkap Indianapolis Motor Speedway (IMS) itu. Mereka yakin seluruh perbaikan akan kelar sebelum lomba dihelat pada 14 September 2008.

"Pemindahan sungai kecil di sana sudah kelar. Juga pengaspalannya. Kami mendapatkan jadwal yang sangat ambisius, bahkan hampir tidak realistis. Kami akan bekerja di depan jadwal itu," papar Direktur Rekayasa dan Konstruksi IMS Kevin Forbes seperti dikutip Autosport, Rabu (5/12/2007).

"Permukaan paving sudah selesai, hampir separuh beton pembatas sudah dipasang dan 20% pagar juga telah diselesaikan," imbuh Forbes lagi.

Proses pengerjaan sirkuit yang terletak di kota Indiana itu juga sudah diinspeksi oleh sebuah tim yang terdiri dari unsur Dorna (pemegang hak komersial MotoGP) dan Federasi Motor Internasional (FIM).
Ditunjuknya Indianapolis Motor Speedway menjadi tuan rumah MotoGP mulai musim 2008 ini membuat Amerika Serikat punya dua seri balapan, di samping Laguna Seca. Tapi kalau "seniornya" cuma menggelar kelas MotoGP, Indianapolis akan menjadi tuan rumah lengkap karena kelas 125 cc dan 250 cc juga akan dihelat.

Karena dasarnya merupakan trek balap mobil, banyak modifikasi dilakukan pihak sirkuit demi bisa menggelar MotoGP. Setelah mendapat restu dari FIM, akhirnya lahirlah sirkuit "baru tapi lama" dengan panjang lintasan 4,185 km dan terdiri dari 16 belokan,

Indianapolis Motor Speedway sendiri sudah ada sejak tahun 1909 dan dianggap sebagai lintasan pertama di dunia yang memiliki fasilitas lengkap. Sirkuit ini bisa digunakan untuk beberapa balapan berbeda dengan panjang lintasan yang juga berbeda-beda, namun yang menjadi trade mark tentu saja balapan Indi 500.

Dengan kapasitas mencapai 257.000 penonton dan bahkan bisa mencapai 400.000 orang, sirkuit ini menjadi lintasan balap terbesar sepanjang sejarah.

Pembangunan sirkuit ini sendiri menghabiskan dana sebesar 3 juta dollar Amerika atau sekitar 29 milyar rupiah. Pada bagian bawah struktur bangunan ini, digunakan sebagai museum Indianapolis Motor Speedway Hall yang mulai dibuka sejak tahun 1956.

GP DI SAN MARINO E DELLA RIVIERA DI RIMINI : Misano World Circuit
 Lokasi : Misano Adriatico, SAN MARINO
Zona Waktu  : GMT +1
Panjang  : 4,06 km
Belokan : 16
2010 Pemenang  :
125 cc - Marc Marquez (Derbi)
Moto2 - Toni Elias (Moriwaki)
MotoGP - Dani Pedrosa - ( Honda)

Sirkuit Misano (yang hingga 2006 dinamai Sirkuit Internasional Santa Monica) adalah trek balap yang berada di sebelah kota Misano Adriatico (Provinsi Rimini) di wilayah Santamonica.

Desain pertama sirkuit ini dibeberkan pada 1969, namun pembangunan mulai dilakukan pada 1970 hingga 1972 dengan panjang 3,488 km dan langsung

menjadi tuan rumah ajang balapan usai sirkuit rampung dikerjakan. Di tahun 1993, lintasan Misano diperbarui dengan panjang lintasan ditambah menjadi 4,064 km.

Selain lintasan, fasilitas trek juga dilengkapi, termasuk menambah pit garage dan podium penonton. Tahun 2005 akses masuk ke sirkuit dibangun dan diberi nama Daijiro Kato, rider asal Jepang yang senang menjalani kehidupan di wilayah Portovarde, Misano Adriatico.

Tahun 2006, renovasi sirkuit kembali dilakukan agar bisa kembali menjadi tuan rumah perhelatan seri balap motor. Pembenahan yang dilakukan adalah arah balapan yang disesuaikan dengan arah jarum jam (clock-wise) karena alasan keamanan, memperpanjang lintasan menjadi 4,180 km, memperlebar trek menjadi 14 meter, meningkatkan fasilitas sirkuit dan keamanan.

GP Misano juga baru digelar lagi setelah absen lebih dari satu dekade penyelenggaraan. Pertama kali dihelat pada tahun 1980 hingga 1993, dan
kemudian berhenti beberapa waktu lantaran renovasi sirkuit untuk kembali digelar tahun lalu. Total, sirkuit Misano sudah menjadi tuan rumah di 10 seri penyelenggaran.

Untuk parade juara, Kenny Roberts Sr menjadi orang pertama yang menjadi kampiun di seri GP kelas 500cc, tepatnya di tahun 1980. Namun hanya Eddie Lawson yang bisa meraih dua gelar juara, tepatnya di tahun 1985 dan 1986. Adapun rekor lap tercepat ditorehkan Casey Stoner di tahun 2007 dengan catatan waktu 1 menit 33.918 detik

Hungaroring  Grand Prix : Balatonring  Circuit

Balapan di sirkuit baru, Balatonring, Hungaria diundur 2010. Pembatalan ini akibat kurangnya dana untuk meneruskan pembangunan sirkuit akibat resesi ekonomi global. Hal ini sudah disepakati pemegang hak MotoGP, Dorna dan Promotor Balatonring.Circuit ini diganti dengan aragon motorland circuit







GRAN PREMIO DE ARAGON: Ciudad del Motor de Aragon
Lokasi : Alcaniz, Aragon, Spanyol
  Zona Waktu : GMT -1
  Panjang : 5,078 km
  Belokan : 16
2010 Pemenang  :
125 cc - Pol Espargaro (Derbi)
Moto2 - Andrea Iannone ( Speed Up)
MotoGP - Casey Stoner (Ducati )

iudad del Motor de Aragón atau sering pula disebut MotorLand Aragón merupakan salah satu sirkuit balap bertaraf internasional yang terletak diwilayah Alcañiz, Spanyol. MotorLand Aragón (Ciudad del Motor de Aragón) merupakan sebuah kompleks multi fungsi yang sangat inovatif, didalamnya terdiri dari 3 zona utama yaitu taman teknologi (Technological Area), area olahraga (Sports Area) dan rekreasi dan budaya (Leisure & Culture Area). Taman teknologi menyediakan penelitian dan lembaga pendidikan berbasis di sekitar industri motor, area olahraga termasuk didalamnya sirkuit balap (dengan multi layout), lintasan karting dan berbagai gravel sirkuit, sedangkan taman rekreasi dan budaya menyediakan sebuah hotel, pusat bisnis dan fasilitas perbelanjaan. Sungguh suatu kompleks yang lengkap, inovatif dan indah dengan berbagai fasilitas didalamnya. Ini semua berkat sentuhan kreatif tangan Hermann Tilke seorang arsitek Jerman dibantu konsultan teknis balap dari test drive McLaren Pedro de la Rosa bekerja sama dengan perusahaan arsitektur Inggris Foster Partners yang sangat berpengalaman dalam merancang berbagai sirkuit didunia.Pada tanggal 26 Mei 2008 sirkuit ini menjadi tuan rumah pada serangkaian putaran World Series oleh Renault, disambung tahun 2009 dan tahun 2010. Pada tanggal 18 Maret 2010, Motorland Aragón diumumkan sebagai pengganti Balatonring di kalender MotoGP 2010. Dan pada tanggal 19 September 2010 sirkuit MotorLand Aragón resmi digunakan sebagai tempat balapan MotoGP seri ke 13. Aragón digunakan sebagai cadangan sirkuit balapan Hongaria yang masih mengalami perbaikan konstruksi dan telah menyetujui kontrak dengan pemegang hak balap Dorna Sports selama 5 tahun mendatang. Sedangkan pada tanggal 19 Mei 2010 sirkuit ini resmi akan digunakan sebagai ajang World Superbike 2011 dengan kontrak kerja selama 3 tahun kedepan.

GRAND PRIX OF JAPAN: Twin Ring Motegi
 Lokasi : Motegi, Jepang
Zona Waktu : GMT +9
  Panjang : 4,8 km
  Belokan : 11
2010 Pemenang  :
125 cc - Marc Marquez (Derbi)
Moto2 - Toni Elias (Moriwaki)
MotoGP - Casey Stoner (Ducati)

Sirkuit ini dinamai Twin Ring Motegi karena di dalamnya terdapat dua sirkuit, yakni satu sirkuit oval dan satu sirkuit non-oval. Sirkuit Twin Ring Motegi dimiliki oleh raksasa industri Jepang, Honda.

Dibangun pada tahun 1997, sirkuit ini dimaksudkan Honda sebagai ajang untuk menggelar IndyCar, balapan mobil open-wheeler ala Amerika Serikat.

Bagian oval dari sirkuit ini memiliki panjang 2.493 meter. Sedangkan sirkuit non ovalnya mempunyai panjang 4,8 kilometer.

Twin Ring Motegi pernah sekali menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 1999. Namun baru semenjak tahun 2004 GP Jepang selalu diselenggarakan di sini. Sirkuit Suzuka lebih kerap dipergunakan untuk MotoGP.

Desain sirkuit ini, yang menempatkan banyak tikungan berbentuk tusuk konde (hairpin) mendapat banyak kritik, termasuk dari juara dunia tujuh kali, Valentino Rossi.

SHELL ADVANCE MALAYSIAN MOTORCYCLE GRAND PRIX: Sepang International Circuit
Lokasi : Sepang, Selangor, MALAYSIA
  Zona Waktu : GMT +8
  Panjang : 5,54 km
  Belokan : 15
2010 Pemenang  :
125 cc - Marc Marquez (Derbi)
Moto2 - Roberto Rolfo (Suter.) 
MotoGP - Valentino Rossi (Yamaha) 


Circuit (SIC) adalah lintasan kebanggaan Malaysia. Sirkuit tersebut selain secara rutin dipergunakan oleh Moto GP juga menjadi lintasan buat ajang F1, A1GP dan SuperGT.

Sirkuit dengan panjang lintasan 5,543 km (3,44 mil) ini dilengkapi dengan salah satu fasilitas pendukung terbaik sehingga jadi salah satu tolok ukur untuk tempat penyelenggaraan GP lainnya.

Namun demikian, sirkuit ini juga mendapat kritik karena permukaan lintasan yang dinilai tak rata. Hal itu diduga bisa terjadi karena sirkuit tersebut dibangun di atas bekas rawa-rawa.

Sirkuit yang punya 15 tikungan tersebut dirancang oleh Hermann Tilke, yang juga mendesain sirkuit di Shanghai, Bahrain, dan Turki. Salah satu yang dikenal dari sirkuit ini adalah trek lurusnya yang lebar.

Rancangan sirkuit ini sedikit unik karena adanya hairpin yang memisahkan dua lintasan lurus panjang. Lintasan lurus yang lebar dan tikungan yang sempit di sirkuit ini juga membuat balapan membalap jadi lebih seru karena para pembalap bakal saling terlibat aksi susul-susulan nan ketat.

Sebelum Sepang, Malaysia menggelar balapan GP di Shah Alam (1991-1997) dan Johor Baru (1998). Baru pada tahun 1999 balapan dihelat di Sepang dengan Kenny Roberts Jr menaiki podium pertama Moto GP (saat itu masih bernama GP500).Catatan waktu tercepat Moto GP di Sirkuit Sepang saat ini dipegang oleh Casey Stoner dengan 2 menit 02,108 detik. Catatan tersebut ditorehkan pembalap Ducati itu pada tahun 2007. Sementara kecepatan tertinggi di sana dibukukan oleh Max Biaggi di atas Honda pada tahun 2004, dengan laju 317,740 km/jam.

Sirkuit Internasional Sepang 2010 menjadi saksi lahirnya juara dunia baru.Di kelas 125cc ,Marc Maequez Derbi , Di kelas Moto2, Toni Elias (Moriwaki) raih juara dunia. Dan Jorge Lorenzo (Yamaha) raih Juara dunia di kelas MotoGP


Iveco AUSTRALIAN GRAND PRIX: Phillip Island Grand Prix Circuit
 Lokasi : Phillip Island, Victoria, AUSTRALIA
  Zona Waktu : GMT +10
  Panjang : 4,445 km
  Belokan : 12
2010 Pemenang  :
125 cc -  Marc Marquez (Derbi)
Moto2 -  Alex De Angelis  (GP Force)
MotoGP -Casey Stoner (Ducati)

Philip Island meupakan salah satu sirkuit tertua yang ada di ajang MotoGP. Balapan pertama di sirkuit ini digelar pada tahun 1928, sebuah event yang kemudian dikenal sebagai GP Australia pertama.

Tahun 1951 sekeompok pengusaha lokal memutuskan membangun sebuah lintasan baru yang berjarak 2 km dari trek lama. Sirkuit baru tersebut dibangun dengan masih memperhatikan bentuk sirkuit lama dan bahkan menggunakan nama tikungan yang sama.

Sirkuit anyar tersebut baru dibuka tahun 1956, namun enam tahun berselang balapan dipindah ke Bathurst akibat kerusakan yang terjadi di lintasan menelan biaya mahal untuk perbaikan. Setelah kembali hidup dan mati, tahun 1989 Philip Island menggelar kembali seri Grand Prix termasuk kelas 500cc.

Dengan karakter cepat, banyak pembalap menyukai sirkuit yang satu ini. Philip Island memiliki lintasan sepanjang 4,445 km plus 12 tikungan dan tujuh di antaranya merupakan tikungan ke kiri.

bwin GRANDE PREMIO DE PORTUGAL: Autodromo do Estoril
Lokasi : Estoril, PORTUGAL
Zona Waktu : GMT
  Panjang : 4,18 km
Belokan : 13
2010 Pemenang :
125 cc -  Marc Marquez  (Derbi)
Moto2 -  Stefan Bradl  (Suter)
MotoGP -  Jorge Lorenzo (Yamaha)

di Portugal memiliki nama lengkap Autodromo do Estoril dan memiliki panjang 4,36 km (2,709 mil) dengan jumlah 13 tikungan. Selain jadi tempat perhelatan Moto GP, ajang A1GP juga dilangsungkan di sini dan jadi arena balapan F1 dari 1984 sampai 1996.

Meski kini sudah tak lagi digunakan untuk F1, sirkuit Estoril memegang arti penting di ajang itu. Selain karena namanya mencuat setelah masuk dalam kalender F1, di tempat yang sama pembalap legendaris Ayrton Senna juga meraih kemenangan pertamanya tahun 1985.

Dibangun pada tahun 1972 di sebuah dataran tinggi berbatu tak jauh dari Estoril, resort tepi pantai yang dijadikan nama sirkuit tersebut. Sirkuit ini punya dua belokan hairpin, perubahan ketinggian yang terlihat jelas dan lintasan lurus yang panjang di garis finish atau start.

Masalah keselamatan beberapa kali sempat menghantui Estoril, di mana sirkuit tersebut lebih dari sekali gagal melewati inspeksi keamanan. Balapan di Estoril acap berlangsung di bawah terpaan angin kencang, mirip seperti kondisi di Circuit de Catalunya.

Catatan tercepat di sirkuit ini dibukukan oleh Nicky Hayden yang membalap untuk Honda pada tahun 2007. Saat itu dia mencatat satu menit 37,493 detik. Setahun sebelumnya Hayden juga mencatatkan kecepatan tertinggi dengan 329,871 km/jam.

GP GENERALI DE LA COMUNITAT VALENCIANA: Circuit de la Comunitat Valenciana Ricardo Tormo

Lokasi : Cheste, Valensia, Spanyol
  Zona Waktu : GMT +1
  Panjang  : 4,05 km
  Belokan : 11
2010 Pemenang  :
125 cc -   Bradley Smith  (Aprilia)
Moto2 -   Karel Abraham  (FTR)
MotoGP -  Jorge Lorenzo (Yamaha)

Sirkuit yang terletak di kota Valencia, Spanyol, dan dibangun pada tahun 1999 ini memiliki nama lain Comunitat Valenciana Ricardo Tormo. Hal itu merujuk kepada nama salah seorang pembalap MotoGP yang berasal dari Spanyol, Ricardo Tormo yang meninggal pada tahun 1998 karena leukemia.

Valencia pertama kali menggelar balapan MotoGP pada tahun 1999. Ketika itu nama pembalap asal Prancis, Regis Laconi, keluar sebagai juara. Sedangkan pada perhelatan tahun 2007, giliran Daniel Pedrosa yang keluar sebagai pemenang.

Sementara itu Valentino Rossi tercatat sebagai pembalap yang paling sering menjadi juara di sikuit sepanjang 4,05 km ini. The Doctor dua kali menjadi juara di sini, yakni pada tahun 2003 dan 2004.

Sirkuit Valencia memiliki 14 buah tikungan dan sebuah trek lurus yang amat panjang pada lintasan start-finis. Sirkuit ini juga mampu menampung sebanyak 120.000 penonton dengan kapasitas 60.000 tempat duduk.

Selain menggelar balapan MotoGP, sirkuit ini juga dipakai untuk balapan Superbike, Formula 3, GP2, Le Mans Series, dan World Touring Car Championship (WTCC).

Tim-tim F1 juga sering melakukan tes di sirkuit ini. Dalam sebuah sesi latihan, Kimi Raikkonen berhasil menorehkan rekor lap time untuk sirkuit ini. The Iceman mencetak catatan waktu 1:09,005 detik. Namun, karena itu bukan merupakan ajang resmi maka rekor tersebut tidak dianggap.

Nama Marc Gene-lah yang akhirnya tercatat sebagai pemegang rekor lap time di sirkuit ini. Mantan pembalap F1 itu menorehkan catatan waktu 1:23,489 ketika berlaga di ajang Le Mans Series pada tahun 2007.

No comments:

Post a Comment