Friday, July 22, 2011

Laguna Seca Akan Punya Juara Baru Lagi?

Preview MotoGP 2011 Seri Ke-10, Laguna Seca – Amerika Serikat
Mazda Raceway Laguna Seca termasuk salah satu circuit yang punya tingkat kesulitan tinggi. Saking sulitnya, pada era 500cc, hanya sekali saja balapan di circuit ini dimenangkan oleh rider non-Amerika yakni Luca Cadalora (Italia). Ketika kembali dipakai pada era MotoGP (2005-2006) dominasi rider Amerika berlanjut lewat Nicky Hyden. Namun setelah itu, juara US Grand Prix terus berganti.

US Grand Prix 2011 Preview Laguna Seca Akan Punya Juara Baru Lagi?

Tahun 2007 Casey Stoner menjadi rider non Amerika pertama yang menjuarai seri Laguna Seca pada era MotoGP. Tahun berikutnya Stoner gagal kembali naik podium puncak setelah kalah duel melawan Valentino Rossi. Selanjutnya di musim 2009, Dani Pedrosa yang menguasai track yang terkenal dengan tikungan corkscrew ini. Dan tahun lalu giliran Jorge Lorenzo menancapkan bendera Lorenzo’s Land setelah Pedrosa yang sempat memimpin balapan mengalami kecelakaan.

Bagaimana dengan tahun ini? Akankah Laguna Seca kembali mencetak juara baru?
Mungkin saja. Dan Ben Spies menjadi salah satu kandidat utamanya. Sebagai rider tuan rumah, Spies banyak dijagokan akan kembali membawa Amerika berjaya di Mazda Raceway. Tahun lalu, Spies hanya mampu finish ke-6. Namun saat itu dia menjadi satu-satunya rookie yang berhasil finish. Empat rookie lainnya: Marco Simoncelli, Aleix Espargaro, Hector Barbera dan Alvaro Bautista semua kandas di gravel.

Jika berhasil menang disini maka lengkaplah Spies menang dengan Yamaha Red & White Livery setelah sebelumnya menjuarai seri Assen dengan menggunakan seragam yang sama. Namun, perjuangan Spies tidaklah mudah. Setidaknya dia harus menghadapi tiga mantan jawara Laguna Seca: Stoner, Pedrosa dan rekan satu timnya, Lorenzo. Ketiganya punya catatan bagus di circuit ini dan ketiganya juga saat ini tengan on fire.
Sementara itu, kubu Ducati akan menentukan nasibnya disini. Pada sesi latihan hari pertama, baik Hayden maupun Valentino Rossi akan mencoba Ducati GP11 dan GP11.1 sebelum kemudian menentukan akan balap dengan yang mana. Hasil komparasi ini sepertinya juga akan menentukan motor mana yang akan mereka pakai pada sisa musim 2011 ini.

Selain itu, Grand Prix Amerika mungkin juga akan menjadi balapan pertama di musim 2011 dengan 18 starter. Team LCR Honda MotoGP telah mengkonfirmasi akan memberikan satu motor mereka untuk Superbiker Amerika, Ben Bostrom yang akan balapan dengan fasilitas wild card.

Akankah MotoGP Laguna Seca lebih seru dari seri Sachsenring? Semoga saja….

No comments:

Post a Comment