Monday, July 18, 2011

Ducati Akan Bawa Delapan Motor ke Laguna Seca

Apa yang terjadi saat MotoGP Sachsenring telah melahirkan kebingungan bagi kubu Ducati. Hasil buruk yang diraih Valentino Rossi pada sesi latihan hingga kualifikasi awalnya telah membuatnya memutuskan balik ke GP11 untuk menghadapi MotoGP Amerika minggu depan. Namun setelah race, Rossi berubah pikiran. Keputusan akhir, Ducati akan membawa 8 motor ke Laguna Seca.


Hayden Rossi Sachsenring 2011 Ducati Akan Bawa Delapan Motor ke Laguna Seca

Duo Ducati

“Tadi malam (Sabtu, red) saya benar-benar yakin kami harus menggunakan motor lama di Laguna Seca. Dan sekarang, setelah melihat bagaimana race berlangsung, kami masih perlu berpikir tentang hal itu”, ungkap Rossi usai lomba seperti dikutip oleh GPone.

Rossi mengungkapkan timnya telah membuat perubahan besar sebelum balapan berlangsung. Dan itu sedikit membantunya untuk melaju dari grid 16 menerobos barisan tengah saat lomba berlangsung.

“Kami melakukan sesuatu yang tidak pernah kami lakukan sebelumnya, modifikasi besar, menggeser bias bobot ke arah belakang. Ini memberi saya traksi lebih. Dan motor itu lebih cepat saat keluar tikungan dan pengereman”, tutur Rossi kemudian.

Meskipun perubahan itu tak cukup untuk menaklukkan rekan satu timnya, Nicky Hayden dan juga rider Rizla Suzuki MotoGP Alvaro Bautista. Tapi untuk yang ini Rossi punya alasan sendiri.

“Start dari baris terakhir itu sulit, tapi saya berhasil mendapatkan kekuatan, tahu bahwa saya bisa balapan dengan Alvaro dan Nicky. Ketika saya melacak sendiri di depan (Hayden & Bautista)) saya sekitar
sepersepuluh lebih cepat dari mereka. Tapi di babak kedua race saya punya masalah gearbox. Ada masalah saat menggeser dari (gigi) dua ke gigi tiga. Saya kehilangan waktu saat keluar dari tikungan terakhir karena motor terus mengangkat roda depan di gigi tiga, dan saya harus benar-benar bekerja keras untuk tetap turun. Saya berada di belakang Nicky di lap terakhir, terpikir saya bisa melewatinya saat pengereman ke turn 1, tetapi masalah gearbox membiarkan Bautista menyalip saya di (track) lurus, dan saya tidak bisa mendapatkan mereka kembali.”

Hasil kurang memuaskan yang diraih team Ducati hingga pertengahan musim 2011 tak pelak memunculkan anggapan bahwa The Doctor tidak berhasil mengembangkan pacuannya. Dan tentu juga tak bisa dihindarkan adanya kecenderungan untuk membandingkan dirinya dengan Casey Stoner yang sebelumnya dianggap lebih sukses bersama pabrikan Italia itu.

“Casey dibesarkan di MotoGP bersama Ducati, sehingga lebih mudah baginya. Saya datang dari sepeda motor yang dikendarai dengan cara yang sama sekali berbeda. Dan saya juga sedikit lebih tua.”

Kembali ke masalah GP11 dan GP11.1. Rencana awal, Nicky Hayden akan mendapatkan GP11.1 mulai seri Laguna Seca. Namun setalah apa yang terjadi di Sachsenring, Ducati telah mengambil keputusan untuk membawakan kedua rider mereka masing-masing empat motor. Dua GP11 dan dua GP11.1 untuk masing-masing rider. Rencananya Rossi dan Hayden akan diberikan kesempatan untuk membandingkan kedua motor tersebut, sebelum akhirnya memutuskan akan balapan dengan yang mana.

No comments:

Post a Comment