Friday, May 6, 2011

HRC Menentang Pembatasan Berat Gabungan Rider dan Motor

Panasnya suhu persaingan di arena MotoGP ternyata tidak hanya terjadi antara rider beda pabrikan (Rossi/Stoner & Lorenzo/Simoncelli), tetapi juga di dalam satu pabrikan yang sama. Hal ini terjadi di tubuh Honda. Saat MotoGP Jerez lalu sudah mulai muncul diskusi tentang pembatasan berat gabungan antara berat badan rider dan bobot motor. Marco Simoncelli menjadi rider terdepan dalam mengkampanyekan aturan tersebut, sedangkan pihak HRC justru menentangnya.



















Simoncelli khawatir akan mengalami terlalu banyak kerugian pada akselerasi, keausan ban dan konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan rider bertubuh ringan seperti Dani Pedrosa. Apalagi mulai musim 2012 mendatang, efisiensi bahan bakar menjadi salah satu kunci pokok akibat diberlakukannya pembatasan penggunaan bahan bakar (21 liter).

Pembicaraan tersebut jelas memicu reaksi kemarahan dari Pedrosa yang pastinya akan menjadi korban pertama aturan tersebut. Dan Pedrosa mendapat dukungan penuh dari HRC (Honda Racing Corporation).
“Seorang pengendara seperti Dani memiliki beberapa keuntungan tapi pasti ia juga memiliki beberapa kelemahan karena berat badannya”, kata Livio Suppo seperti dikutip oleh situs MCN.

“Ini bukan kuda balap dimana Anda harus seringan mungkin. Jika Anda memiliki keuntungan pada akselerasi atau konsumsi bahan bakar maka tidak begitu mudah untuk mengukur karena ada juga pengaruh riding style. Dan rider yang lebih besar memiliki kelebihan dalam pengereman dan perubahan arah, sehingga tidak mungkin untuk mengukurnya”, lanjut pria yang mempunyai jabatan sebagai Communication and Marketing Director of HRC.

Mantan orang Ducati itu juga kurang sependapat dengan anggapan bahwa Dani cepat karena ukuran badannya yang mungil. Ia pun menegaskan bahwa jika HRC menolak proposal tersebut (saat ini baru wacana) itu bukan semata-mata demi Pedrosa.
“Bagi saya Dani tidak cepat karena ukuran tubuhnya, ia cepat karena bakat. Dani adalah satu-satunya rider dalam ukuran (tubuh)nya yang dapat berada di level dia, sehingga membuktikan bakat lebih berperan daripada ukuran tubuhnya. Honda akan mengatakan tidak jika itu menjadi proposal resmi, tapi itu tidak ada hubungannya dengan fakta bahwa kita memiliki Dani.”

No comments:

Post a Comment