Tuesday, May 31, 2011

Akankah Sejarah Ducati Berulang di Catalunya?

Catalunya mempunyai arti penting bagi team Ducati MotoGP. Di sirkuit inilah untuk pertama kalinya rider Ducati meraih kemenangan. Itu terjadi pada tahun 2003 saat Loris Capirossi mempersembahkan juara seri pertama buat pabrikan Italia. Musim ini, akankah sejarah berulang?


Capirossi Catalunya 2003 Akankah Sejarah Ducati Berulang di Catalunya?

Debut Ducati di arena MotoGP berawal pada musim 2003 dengan mengandalkan dua rider berpengalaman, Troy Bayliss dan Loris Capirossi. Bayliss meski berkewarganegaraan Australia namun selaluu setia dengan Ducati di ajang World Superbike, sedangkan Capirex adalah wakil dari Italia.

Di ajang WSBK Bayliss dengan Ducati-nya sangat diperhitungkan, namun tidak demikian halnya ketika dia harus berhadapan dengan para rider MotoGP, terutama dari kubu Honda. Walau begitu, debut Ducati di balap prototype ini tergolong fantastis. Capirossi berhasil naik podium ketiga pada seri perdana yang berlangsung di sirkuit Suzuka, Jepang.

Podium tertinggi akhirnya berhasil diraih Capirossi pada seri ke-6 yang berlangsung di sirkuit Catalunya. Dia sukses menaklukkan dua rider Honda yang saat itu sangat mendominasi, Valentino Rossi (Repsol Honda) dan Sete Gibernau (Telefonica Movistar Honda Gresini). Saking terharunya, saat lagu kebangsaan Italia dikumandangkan, di atas podium Loris bersimpuh dan menundukkan kepala.

Nah, tahun 2011 ini Ducati seolah terlahir kembali. Kedatangan The Doctor telah membuat Desmosedici mengalami banyak perubahan. Sang direktur teknik, Filippo Preziosi menyebut GP11 sebagai step zero.
Empat seri berlalu, kedua rider Ducati, Valentino Rossi dan Nicky Hayden masing-masing baru merasakan satu kali naik podium ke-3. Namun, The Doctor sebelumnya telah mencanangkan dirinya akan mulai bisa tampil 100% di Catalunya. Jadi kita tunggu saja apakah sejarah Ducati akan berulang…

No comments:

Post a Comment