Wednesday, May 25, 2011

Aprilia Akan Menjual Mesinnya Untuk MotoGP 2012

Sukses mengantarkan Max Biaggi meraih gelar juara dunia pertama di ajang World Superbike serta akan diberlakukannya kembali regulasi mesin 1000cc pada MotoGP 2012 mendatang ternyata belum cukup membuat Aprilia tertarik kembali terjun di ajang MotoGP. Namun kemungkinan besar mesin Aprilia akan turun di  MotoGP 2012 karena pabrikan asal Italia itu tak keberatan menjual mesinnya kepada pihak yang ingin berlaga di ajang MotoGP dengan fasilitas CRT (Claiming Rules Teams).


Gigi DallIgna Aprilia Akan Menjual Mesinnya Untuk MotoGP 2012

Aprilia kabarnya telah menerima “beberapa tawaran” dari team calon peserta MotoGP 2012 untuk membeli RSV-4. Dan karena sifatnya “membeli” dan digunakan dibawah aturan CRT (bukan team pabrik) maka jikapun ada motor bermesin Aprilia di musim 2012 dipastikan tidak akan ada pengembangan apapun dari pihak pabrikan Aprilia.

“Jika seseorang ingin memperoleh RSV-4 untuk balapan di MotoGP, di bawah regulasi baru Moto1, kita tidak akan memiliki apa pun untuk mengatakan tentang hal itu. Jelas tidak akan ada bantuan dari bagian kita. Ini adalah transaksi bisnis yang sederhana”, ungkap Gigi Dall’Igna (technical director Aprilia) seperti dikutip oleh GPone.

Itu artinya bahwa team yang menggunakan Aprilia RSV-4 dibawah regulasi CRT dapat membeli mesin tersebut dan memodifikasinya sesuka mereka tanpa ada sedikitpun campur tangan pabrikan.

Sekedar tambahan, kabar terbaru menyebutkan untuk musim 2012 sudah ada 11 team dan 16 rider yang mendaftar diluar produsen yang sudah berpartisipasi saat ini (Honda, Yamaha, Ducati). Sedangkan pabrikan Norton dan Suzuki dikabarkan mendapat keistimewaan yaitu kapasitas bahan bakar 21 liter dengan 9 mesin atau 3 motor lebih banyak dari team pabrik kompetitif. Sedangkan CRT reguler akan diberikan 24 liter bahan bakar dan 12 mesin.

No comments:

Post a Comment