Saturday, May 28, 2011

Uccio: Rossi 100% Setelah Seri Sachsenring

Siapa yang tak kenal Alessio Salucci atau yang lebih sering disapa Uccio? Meski bukan rider MotoGP, sosoknya sudah sangat akrab dimata para MotoGP Mania. Ya, karena dia nyaris selalu ada disebalah Valentino Rossi. Dialah BFF (Best Friend Forever) The Doctor yang selalu setia menemani sang rider keliling dunia untuk menjalani seri demi seri MotoGP.


Rossi Uccio 01 Uccio: Rossi 100% Setelah Seri Sachsenring

Situs resmi MotoGP hari ini melansir wawancara dengan teman dekat Rossi tersebut. Uccio bicara banyak, mulai dari masa kecilnya bersama Valentino, tugas-tugasnya, pandangannya terhadap orang-orang di paddock hingga masalah keputusan Rossi pindah dari Yamaha ke Ducati dan tentu juga cerita tentang kondisi fisik dan kesiapan The Doctor menghadapi musim 2011 ini.
Berikut ini M0T0GP BL0G mencoba untuk menghadirkan hasil terjemahannya untuk anda. Jika ingiin melihat versi aslinya, silakan menuju kesini!

Bagaimana persahabatan dengan Valentino dimulai?
“Sudah lama, sulit untuk diingat! Vale sudah ada sejak awal kenangan saya, orang tua kita berteman dan kami praktis tumbuh bersama. Kami dari sebuah desa kecil dan(selalu)  ke kebun yang sama, sekolah … kami selalu sangat dekat.”

Apa kenangan awal Anda Valentino?
“Saya punya banyak! Aku ingat bahwa di kebun teman-teman kita sering bermain sepak bola, tapi kami pergi menuruni lereng dan naik sepeda roda tiga ke bawah! Sekelompok dari kita pergi, aku dan tiga teman, salah satunya adalah Valentino. Ini adalah memori yang tetap teringat baik dalam pikiran saya, bahkan pada usia itu kami sudah mengambil risiko yang besar!”

Bagaimana gairah untuk sepeda dimulai?
“Saya lahir disekitar sepeda motor, saya selalu mencintai mereka sejak aku masih kecil. Aku tidak suka sepak bola, aku suka (Kevin) Schwantz. Ini berkat ayahku. Di Pesaro semua orang adalah penggemar Graziano (Rossi, ayah dari Valentino) dan karena olahraga roda dua ini lebih penting dari yang lainnya. Saya suka F1, tapi saya memilih sepeda motor karena itu adalah jalan yang diambil Vale.”

Apa yang Anda lakukan selama akhir pekan GP?
“Peran utama saya adalah untuk mengendarai motorhome menuju balapan, bahkan tahun ini bukanlah mengendarai motorhome tapi sebuah truck yang digunakan sebagai rumah karena motorhome yang lama terlalu kecil. Selama musim dingin kami banyak bekerja pada truck baru dan saya mengurusnya. Ini adalah pekerjaan besar kurang lebih seperti sebuah suite hotel. Saya juga menjaga leather (baju balap, red), sarung tangan, sepatu boot, helm … setiap detail sehingga Valentino dapat berkonsentrasi penuh pada balap.”

Rossi Uccio 02 Uccio: Rossi 100% Setelah Seri Sachsenring

Kehidupan paddock seperti apa?
“Pengalaman saya dari paddock ini sangat positif. Ketika aku masih kecil itu adalah mimpi saya untuk masuk paddock hanya sekali. Saya ingat suatu waktu, dengan Valentino, kami menunggu selama empat jam di luar Mugello selama dua (paddock) pass dari Maurizio Vitali. Sekarang hidup sempurna, saya tidak bisa hidup dengan cara lain. Aku rukun dengan semua orang.”

Apa yang berubah pada tahun lalu, setelah beralih ke Ducati tahun 2011?
“Peran saya tidak berubah terlalu banyak karena saya bekerja untuk Valentino. Beberapa personil telah berubah dalam team, tetapi tidak terlalu banyak karena diikuti 15 orang dari Yamaha. Suasana di Ducati luar biasa. Saya telah bertemu banyak orang dengan gairah besar di sini, Orang Italia dengan semangat yang fantastis untuk kemenangan dan dengan (jiwa) balap yang kuat di dalam hati mereka, mungkin lebih daripada di Yamaha karena Jepang memiliki pendekatan yang berbeda. ”

Kemitraan Valentino dengan Jeremy Burgess sudah lama dan sukses …
“Jeremy tidak berbicara sepatah katapun bahasa Italia, sedikit mengganggu saya! Aku harus menyesuaikan diri untuk belajar bahasa Inggris dan kami berbicara dalam bahasa Inggris. Dia mengenalku sejak Saya berumur 20 dan sekarang saya sedang 32, dan dia melihat saya tumbuh dewasa. Dia memberi saya banyak nasihat dan saya selalu mendengarkan karena saya sangat mengaguminya. Bagi saya dia adalah legenda.”

Dan bagaimana dengan masa depan?
“Saya berharap berada di sini selama 10 tahun dengan Valentino. Tanpa dia di sini motivasi saya akan nol. Aku di sini berkat dia, dan juga untuk dia. Karena itu, saya ingin tinggal di sini selama sisa hidup saya, sampai umur 60. Itu sebabnya saya sudah mulai melihat-lihat, dan saya memiliki kesempatan untuk ambil bagian dalam proyek ini dengan Andrea (Iannone, rider Moto2). Mungkin di masa depan saya akan terus dengan dia, tapi saya harap itu di masa depan yang jauh karena selain dari bahu saya lihat Valentino dalam kondisi sangat baik, baik secara fisik dan mental, dan dengan tantangan di sini, di Ducati motivasi bahkan lebih tinggi.”

Apakah pernah ada keraguan bahwa Valentino telah membuat keputusan yang tepat untuk pergi ke Ducati?
“Jujur ya, hampir semua ketika ia mencoba sepeda di Valencia dan berkata:” Ya ampun, motor ini rumit’. Kemudian, menurut pendapat saya, ia dengan cepat mengerti bahwa bahu itulah masalah yang sebenarnya karena ia belum menjalani operasi, jadi saya mengatakan masalah lebih pada cedera daripada keputusan untuk pindah. Sekarang dia berpikir: “Ini bukan sepeda buruk, kita bisa melakukannya!”, Tapi ya, Anda bisa mengatakan bahwa dia sedikit khawatir setelah test pertama.”

Dan bagaimana dengan luka di Mugello musim lalu?
“Ini adalah saat yang menyedihkan, sulit. Kami baru saja melalui cedera bahu dan kemudian terjadi. Itu adalah hari yang mengerikan, khususnya dua yang pertama. Bila Anda melihat penderitaan teman Anda ingin menempatkan diri di tempatnya mengambil rasa sakit mereka. Vale adalah legenda karena bahkan pada hari Sabtu malam dia sudah membuat lelucon untuk mencoba membuat rileks semua orang. Dia menenangkan kita!”

Kapan Anda berpikir Valentino akan mampu memenangkan balapan pertamanya di Ducati?
“Saya pikir setelah putaran Sachsenring. Setelah balapan itu akan ada langkah besar. Saya orang yang realistis, ia tidak sedang 100% dan untuk menang Anda harus (100%). Dia akan (100%) setelah Sachsenring, dan saya pikir akan memungkinkan untuk menang.”

Foto-foto: Crash

No comments:

Post a Comment