Usai sesi kualifikasi dengan hanya menempatkan Valentino Rossi di grid ke-13, Tim Ducati mengkonfirmasi akan menggunakan mesin ketujuh pada hari Minggu untuk Gran Premio de Aragón. Ini berarti Rossi akan memulai balapan dari Pit Lane karena pelanggaran aturan daya tahan Mesin.
Regulasi FIM saat ini menyatakan bahwa setiap rider diperbolehkan memakai enam mesin per musim. Sanksi atas pelanggaran pasal 2.3.7 (tentang daya tahan mesin di MotoGP) adalah rider harus memulai balapan dari Pit Lane sepuluh detik setelah balapan dimulai, jika pelanggaran terjadi sebelum race.
Rossi sebenarnya tidak kehabisan mesin namun ia terpaksa untuk mengambil hukuman bukan karena masalah reliabilitas dengan mesin Ducati-nya, tetapi karena perubahan chassis GP11.1 dari serat karbon ke aluminium memerlukan mounting mesin yang berbeda.
Berbeda dengan motor-motor Jepang, mesin Ducati sepenuhnya ‘menekan’ bagian motor, dimana bagian depan dan bagian belakang chassis menyatu dengan mesin itu sendiri.
Beberapa bagian chassis tidak kompatibel dengan mesin sebelumnya yang memaksa Ducati untuk ‘membuka’ mesin baru sebelum batas kilometer telah tercapai.
“Saya harus mengatakan bahwa kami hari ini sedikit kurang beruntung, karena saya pikir kami memiliki potensi yang baik dan kita pantas mendapatkan sesuatu yang lebih baik,” kata Rossi seperti dilansir oleh Crash.
“Namun, saya (di posisi) ke-13, dan pada titik ini kita akan menggunakan mesin ketujuh kami dan mulai dari Pit Lane, chassis bagian depan yang baru hanya bekerja dengan mesin yang kita pakai di Misano.”
“Sayangnya, meskipun kita memiliki dua mesin yang hampir baru dan mungkin bisa kita bawa hingga akhir musim, kita tidak dapat menggunakannya.”
“Pokoknya, kami membuat keputusan ini (dengan) melihat ke depan, dan kami sudah mulai bekerja pada apa yang kita pikirkan merupakan arah yang baik, meski tentu saja kita berada di langkah pertama kami, dengan lebih banyak hal yang tersisa untuk dilakukan.”
Selain penalty start dari Pit Lane 10 detik setalah race dimulai di seri Aragón ini, Rossi tidak akan mendapat hukuman lain kecuali ia membuka mesin kedelapan. Sedangkan para pembalap yang ada di bawah Rossi pada sesi kualifikasi akan naik satu posisi di grid.
Regulasi FIM saat ini menyatakan bahwa setiap rider diperbolehkan memakai enam mesin per musim. Sanksi atas pelanggaran pasal 2.3.7 (tentang daya tahan mesin di MotoGP) adalah rider harus memulai balapan dari Pit Lane sepuluh detik setelah balapan dimulai, jika pelanggaran terjadi sebelum race.
Rossi sebenarnya tidak kehabisan mesin namun ia terpaksa untuk mengambil hukuman bukan karena masalah reliabilitas dengan mesin Ducati-nya, tetapi karena perubahan chassis GP11.1 dari serat karbon ke aluminium memerlukan mounting mesin yang berbeda.
Berbeda dengan motor-motor Jepang, mesin Ducati sepenuhnya ‘menekan’ bagian motor, dimana bagian depan dan bagian belakang chassis menyatu dengan mesin itu sendiri.
Beberapa bagian chassis tidak kompatibel dengan mesin sebelumnya yang memaksa Ducati untuk ‘membuka’ mesin baru sebelum batas kilometer telah tercapai.
“Saya harus mengatakan bahwa kami hari ini sedikit kurang beruntung, karena saya pikir kami memiliki potensi yang baik dan kita pantas mendapatkan sesuatu yang lebih baik,” kata Rossi seperti dilansir oleh Crash.
“Namun, saya (di posisi) ke-13, dan pada titik ini kita akan menggunakan mesin ketujuh kami dan mulai dari Pit Lane, chassis bagian depan yang baru hanya bekerja dengan mesin yang kita pakai di Misano.”
“Sayangnya, meskipun kita memiliki dua mesin yang hampir baru dan mungkin bisa kita bawa hingga akhir musim, kita tidak dapat menggunakannya.”
“Pokoknya, kami membuat keputusan ini (dengan) melihat ke depan, dan kami sudah mulai bekerja pada apa yang kita pikirkan merupakan arah yang baik, meski tentu saja kita berada di langkah pertama kami, dengan lebih banyak hal yang tersisa untuk dilakukan.”
Selain penalty start dari Pit Lane 10 detik setalah race dimulai di seri Aragón ini, Rossi tidak akan mendapat hukuman lain kecuali ia membuka mesin kedelapan. Sedangkan para pembalap yang ada di bawah Rossi pada sesi kualifikasi akan naik satu posisi di grid.
No comments:
Post a Comment