Friday, February 18, 2011

Moto2 : Perebutan Singgasana Yang Kosong

Rekor Max Biaggi menjadi 4 kali berturut-turut juara dunia kelas 250cc sepertinya akan sulit disaingi oleh rider generasi berikutnya. Bukan cuma karena kini kelas 250cc sudah berganti jadi kelas Moto2, tetapi juga karena juara dunia 250cc/Moto2 setelah Biaggi nyaris selalu langsung naik kelas. Kalaupun ada yang bertahan paling hanya satu musim saja.



Iannone Valencia Moto2: Perebutan Singgasana Yang Kosong 

Valentino Rossi, Oliver Jacques, Daijiro Kato dan Marco Melandri adalah sederet nama juara dunia 250cc yang langsung naik kelas di musim berikutnya. Sedangkan Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Marco Simoncelli hanya bertahan satu musim saja setelah meraih juara dunia pertama di kelas ini. Sementara Toni Elias, yang menjadi juara dunia pertama Moto2 tahun 2010 lalu juga memutuskan kembali ke kelas puncak pada musim 2011 ini.
Dengan kepergian Elias, persaingan memperebutkan singgasana kosong Moto2 2011 pastinya akan berlangsung sangat ketat. Siapa yang bakal berjaya? Saat ini sangat sulit memprediksi siapa yang akan menjadi raja kedua Moto2.
Bicara peluang, Andrea Iannone (Italia, Speed Master) dan Julián Simón (Spanyol, Mapfre Aspar), dua rider yang tahun lalu menempel ketat Toni Elias sepertinya masih menjadi kandidat terkuat.

Alex De Angelis Valencia Moto2: Perebutan Singgasana Yang Kosong

Pertengahan hingga akhir musim lalu, Iannone menunjukkan penampilan gemilang. Beberapa kali menang dengan sangat telak dari rider lainnya. Sayang penampilannya di awal musim kurang bagus sehingga tak cukup waktu untuk mengejar poin Elias. Sedangkan Julián Simón tampil lebih konsisten.
Selain Iannone dan Simón, ancaman lain juga datang dari dua rider yang tahun lalu terlibat dalam insiden yang menewaskan Shoya Tomizawa, Scott Redding (GBR, Marc VDS Racing) dan Alex De Angelis (San Marino, JiR Moto2). Redding sempat menjadi yang tercepat kedua dalam sesi test Moto2 yang berlangsung di sirkuit Valencia pada 10-12 Februari lalu. Sedangkan De Angelis sempat mencetak waktu tercepat di hari pertama.
Selain nama-nama tersebut masih ada mantan rider MotoGP lain yang akan ikut meramaikan bursa calon juara dunia Moto2 2011. Mereka adalah: Mika Kallio (Finlandia, Marc VDS Racing), Aleix Espargaro (Spanyol, Pons Racing) serta Yuki Takahashi (Jepang, Gresini Racing).

Marquez Valencia Moto2: Perebutan Singgasana Yang Kosong

Dan satu nama lagi yang tak boleh luput dari perhitungan adalah Marc Márquez (Spanyol, Catalunya Caixa Repsol). Juara dunia kelas 125cc 2010 ini sepertinya sudah sangat siap beradu cepat dengan para seniornya. Saat test di Valencia, Mark sukses mencetak waktu tercepat di hari terakhir.
So, meski merupakan partai tambahan, Moto2 2011 sangat sayang untuk dilewatkan.

No comments:

Post a Comment