Thursday, February 24, 2011

Macam-macam Kucing


Persian


Persia ( Persia : گربه پارسی Gorbeh-e-Parsi Persia kucing) adalah berambut panjang kucing ditandai dengan wajah bulat dan moncong pendek. One of the oldest cat breeds , it takes its name from its place of origin: Persia ( Iran ). Salah satu tertua kucing ras , ini mendapatkan namanya dari tempat asalnya: Persia ( Iran ). Recognized by the cat fancy since the late 19th century, it was developed first by the English, and then mainly by American breeders after the Second World War . Diakui oleh fancy kucing sejak akhir abad 19, itu dikembangkan pertama kali oleh Inggris, dan terutama oleh peternak Amerika setelah Perang Dunia Kedua . In Britain, it is called the Longhair or Persian Longhair . Di Britania, hal itu disebut seniman atau pemain musik klasik Persia.

Angora


Hal ini terjadi beratus-ratus tahun yang lalu. Waktu itu kebanyakan orang menyebut kucing berbulu panjang dengan sebutan anggora. Dan kebayakan kucing tersebut terdapat di kota anggora (Kota di Turki) dan persia(Turki bagian timur). Sekarang anggora menjadi Ankara,ibu kota turki dan persia berubah menjadi negara iran.
Waktu itu katanya nggak ada perbedaan signifikan antara kucing anggora dan kucing persia. Jadi kucing yang dulu berasal dari persia (asal usul kucing persia) disebut kucing anggora.
Tapi persamaan itu akhirnya berakhir, ketika banyak orang eropa banyak berdagang di timur tengah. Dan membeli atau mendapatkan hadiah dari penjual kucing anggora. Kemudian kucing yang disebut anggora itu dibawa ke eropa.
Dan kemudian cat show di inggris membuat kucing berbulu panjang ini menjadi populer.
Akhirnya seperti yang kita tahu kucing persia memiliki ciri-ciri kucing seperti tubuh besar, tebal, kepala bulat dan badannya cobby. Sedangkan kucing anggora memiliki ciri seperti berikut :
  1. Ukuran badan sedang
  2. Badan panjang dan langsing
  3. Kaki dan ekor panjang
  4. Hudung mancung
  5. Telinga besar
  6. Seluruh kepala berbentuk segitiga
  7. Ekor berbulu tebal dan mengembang
  8. gaya anggun lemah gemulai (kayak penari aja)
  9. dll


Himalayan




Himalayan adalah kucing berpola colorpoint. Jenis kucing ini adalah perpaduan antara kucing persia untuk fisiknya dengan jenis kucing Siamese. Persilangan Himalayan ini sudah terjadi beratus-ratus tahun boleh dikatakan udah JADUL banget.

Ini dibuktikan dengan pada tahun 1920 seorang ahli genetik Sweden, Dr. Tjebbes melakukan penyilangan kucing Persia dengan Siamese , sehingga dihasilkan ras baru dengan pola warna seperti Siamese tetapi bulunya panjang.

Walau begitu persilangan antara persian dan seamese sekarang sudah tidak diperbolehkan lagi.

Ciri-ciri utama kucing himalayan adalah pada warna matanya yaitu biru tua. Ini terjadi ya seperti penjelasan saya sebelumnya bahwa jenis kucing himalayan ini adalah persilangan kucing persia dan seamese.

No comments:

Post a Comment