Casey Stoner menjadi race rider Honda pertama yang diberi kesempatan menjajal motor baru 1000cc di sirkuit Jerez, Spanyol (17/5/2011). Sebenarnya, Dani Pedrosa juga dijadwalkan ikut melakukan test, namun mengingat kondisinya yang masih cedera akibat kecelakaan di seri Le Mans, tugas pengujian kemudian sepenuhnya dibebankan kepada Stoner.
Test rider HRC, Kousuke Akiyoshi dan Shinichi Ito sebelumnya telah menguji mesin ini pada bulan April di Suzuka, Jepang. Shinichi melakukan putaran dengan mesin baru pada pagi hari sebelum Casey. Jadwal test dimulai pada pukul 11:00 waktu setempat dalam kondisi cerah. Stoner menyelesaikan total 50 lap (221km) dengan menggunakan ban standar Bridgestone 800cc musim ini dan juga ban prototipe baru untuk 2012.
Tes awal musim akan memberikan umpan balik yang berharga terhadap prototipe baru dari tahap awal pengembangannya. HRC menguirim mekanik senior dari Repsol Honda Team ke Jerez untuk bekerja bersama dengan para insinyur R&D dan Casey Stoner. Mesin baru ini didasarkan pada konsep RC212V sekarang dan pengalaman yang diperoleh pada tahap terakhir dari motor 800cc. HRC mulai bekerja pada proyek baru pada akhir tahun 2009, ketika peraturan baru untuk 2012 diresmikan untuk kelas MotoGP dengan ketentuan kapasitas 1000cc, maksimum bore 81mm dan maksimum 4 silinder.
Yang terpenting dari regulasi mesin 1000cc adalah masalah konsumsi bahan bakar, kapasitas tangki dibatasi hanya 21 liter sama dengan mesin 800cc. Untuk mengatasi masalah ini, Repsol mengirimkan pakar ke Jepang untuk mengembangkan bahan bakar spesifik dan pelumas untuk sepeda motor baru dan insinyur di Pusat Teknologi Repsol berfokus pada bahan bakar yang tidak hanya menawarkan efisiensi bahan bakar optimal, tapi juga memberikan kinerja maksimal.
“Semuanya sudah sangat baik, sangat positif”, ungkap Stoner kepada situs resmi MotoGP. “Bagus untuk naik 1000cc lagi, untuk merasakan mesin dan kekuatan yang saya miliki. Menyenangkan, saya menikmati hari pertama karena semua yang kita tampaknya sudah coba dapat bekerja, jadi tidak ada keluhan.”
“Kekecewaan terbesar adalah bahwa Dani tidak berada di sini untuk menguji karena ia penting untuk pengembangan motor ini. Saya berharap segera HRC bisa mendapatkan masukan dan juga karena kami membutuhkan data sebanyak mungkin, dalam rangka persiapan untuk musim depan. Kami tidak fokus pada apa-apa hari ini, hanya mencoba memahami apa yang motor lakukan, bagaimana ia bereaksi pada rem dan hal-hal seperti itu, juga mempertimbangkan beberapa masalah yang kami miliki dengan hak 800cc sekarang. Titik pengereman tampaknya. untuk lebih kuat, stabilitas di depan masuk ke pojok tampaknya sangat baik, dan tentu saja kita ingin memahami bagaimana pengiriman daya, dan sangat halus sehingga tidak ada masalah Secara umum,. kami tidak memiliki terlalu banyak perubahan dari set up kami telah yang telah baik (untuk) 800cc sekarang dan feeling sangat mirip, jadi cukup bagus.”
No comments:
Post a Comment