Friday, April 29, 2011

Stoner Bicara Tentang Doohan, Pedrosa, Lorenzo, Rossi dan Burgess

Nama Casey Stoner kembali ramai diperbincangkan musim ini. Hal itu karena sejak sesi test pra-musim rider Australia itu hampir selalu menjadi yang tercepat. Memang semua rider pabrikan Honda mampu mencetak waktu terdepan, namun Stoner tetap yang tercepat. Padahal, ia merupakan pendatang baru di pabrikan berlogo sayap tunggal.


Baru-baru ini situs Spanyol, Marca, melakukan wawancara panjang dengan rider Repsol Honda tersebut. Berikut ini mGPm mencoba menghadirkan terjemahannya untuk anda. Silakan berkunjung ke Marca.com jika ingin melihat artikel versi aslinya.

TANYA (T): Sejak sebelum Qatar tampak bahagia. Anda akan lebih bahagia dari tahun lalu. Itu hanya kesan atau memang kenyataan?
JAWAB (J): Tentu. Aku jauh lebih santai. Tahun lalu saya punya banyak tekanan dan beberapa masalah kecil yang tidak mungkin untuk dipahami. Tahun ini saya pergi ke pemahaman teknis motor dalam test masing-masing, sehingga setiap kali ada masalah
kami tahu kita bisa memperbaikinya lebih cepat. Dalam team semua orang senang, hidup saya benar sangat bahagia sekarang. Tidak ada alasan untuk tertekan. Kita tahu bahwa kita memiliki kesempatan yang baik dan motor yang baik untuk kejuaraan. Saya hanya menikmati. Itulah tujuan tahun ini: berlari kembali untuk menikmati dan tidak mengkhawatirkan semua seri.

T: Alberto Puig mengatakan baru-baru ini bahwa Anda bisa lebih cepat bahkan dengan Suzuki. Apakah Anda setuju?
J: Tidak yakin. Saya lebih suka Honda. Aku cukup puas dengan tingkat kinerjaku selama empat tahun terakhir. Setiap tahun saya menjadi lebih kuat. Saya membuat beberapa kesalahan tapi itu karena aku mencoba untuk memenangkan perlombaan dan mencapai
hasil yang bagus, saya tidak melakukan (terlalu) buruk. Saya telah mengambil dua motor yang berbeda yang sangat kompetitif. Saya tidak yakin bisa melakukannya dengan motor lain, tapi saya puas dengan kecepatan motor saya.

T: Disaat seorang rider sepeda motor harus melakukan perubahan, mana motor (yang) cocok (untuk) Anda? Bagaimana melakukannya?
J: Tidak, aku menyesuaikan. Diriku untuk motor, tapi aku lebih terbuka untuk menyesuaikan diri.

T: Tapi adaptasi cara mengemudi Anda pada tingkat yang lebih rendah daripada yang lain.
J: Contoh sempurna adalah Honda tahun ini. Sampai test kedua tidak menyentuh tuning. Tidak ada. Aku hanya lebih dan lebih  percaya diri. Saya yang menyeesuaikan dengan motor. Lebih mudah untuk saya daripada untuk orang lain karena saya lebih terbuka untuk menjadi kritis terhadap diri sendiri. Saya mengerti apa yang saya lakukan salah dan saya tahu bagaimana saya dapat berbuat lebih baik. Lalu, mengubah set-up dan mengatur banyak hal berjalan lebih baik.

T: Pilot seperti Lawson atau Rossi memenangkan gelar dengan dua motor yang berbeda dan sebagai hasilnya mendapatkan prestise yang lebih. Apakah itu salah satu alasan untuk perubahan?
J: For Nothing. Bergabung (dengan) team Repsol Honda adalah impian karir saya. Sebagai seorang pemuda melihat Doohan-Gardner mengambil motor ini dan itu yang saya inginkan. Ducati memberi saya kesempatan karena tidak ada yang percaya pada potensi
saya. Namun mereka mengontrak saya sebagai sopir sekunder tidak untuk memenangkan gelar. Tapi (bergabung) dalam sebuah team pabrik mampu menunjukkan potensi saya. Aku memberi mereka kemenangan Piala Dunia pertama mereka dan yang telah memberikan lebih di era MotoGP. Aku senang, tapi aku merasa sudah saatnya untuk berubah. Kesempatan muncul dan saya merasa bahwa HRC akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk memenangkan Piala Dunia. Mereka memiliki motivasi lebih, keterlibatan dalam dunia balap dan ini dapat membantu di masa depan.

T: Dengan masalah lengan, Pedrosa mampu menjadi ketiga dan kedua. Kita dapat menyimpulkan bahwa suara akan lebih baik. Bisakah kita melihat yang terbaik (dari) Dani?
J: Tidak yakin. Sebelum punya masalah dia kuat. Sudah tidak nyaman baginya. Masalahnya lebih buruk dari Rossi karena masalah saraf lebih buruk daripada otot. Jelas bahwa Pedrosa tidak dalam situasi terbaik, tetapi jika Anda menemukan solusi akan kompetitif. Hasil Anda mungkin bervariasi.

T: Dan Anda? Kapan Anda berpikir dapat mencapai tingkat tertinggi di Honda?
J: Tidak tahu. Setiap akhir pekan tergantung pada banyak hal: set-up, bagaimana rider lain. Itu selalu sangat bervariasi. Aku tidak pernah bisa mengendalikan. Anda hanya bisa melakukan yang terbaik.


T: Di Spanyol kita ingat banyak duel antara Doohan dan Criville pada tahun sembilan puluhan. Situasi saat ini mengingatkan kita tentang sesuatu itu, bukan?
J: Bagi saya, itu sangat berbeda. Doohan dan Criville mendominasi dan fight, tapi pada saat yang sama, Mick selalu diikuti dan mencoba untuk dikalahkan dalam dua lap terakhir. Bagi saya, Dani memiliki kecepatan lebih. Ini lebih berbahaya. Dia bisa memenangkan perlombaan untuk dirinya sendiri. Dia juga mampu memenangkan balapan di akhir tetapi hanya untuk menang. Itulah forte mereka. Jadi berbeda: Aku tidak mendominasi dan Dani tidak di belakangku. Kami berjuang.

T: Di Spanyol, Doohan adalah bad guy. Apakah anda bersedia untuk memainkan peran itu?
J: Sesuatu yang logis adalah: sebuah kemenangan Spanyol. Saya tidak keberatan. Saya hanya ingin memenangkan Piala Dunia.

T: Dan Australia akan baik
J: Tepat. Begitu juga masalah saya.

T: Jika harus memilih pilot yang bermain hand to hand di akhir musim ini, siapakah dia?
J: Whatever. Semua memiliki kekuatan yang tangguh dan kelemahan juga kita semua miliki. Tidak peduli siapa lawan Anda. Akan sulit toh. Tidak ada yang lebih berbahaya daripada yang lain. Saya hanya berharap menjadi yang paling berbahaya bagi mereka.

T: Tahun lalu kami melihat great champion Lorenzo. Apakah (dia perlu) perbaikan dalam banyak hal, apa yang dia rasa paling perlu untuk diperbaiki?
J: Saya tidak ingin mengatakan (tertawa). Pasti ia akan mengatakan hal yang sama tentang saya. Aku tahu aku punya banyak poin untuk improve dan saya juga mengetahui kelemahan pembalap lain. Dan di sana Anda melihat mereka di setiap sirkuit karena di 18 (sirkuit) yang berbeda, semuanya berubah.

T: Musim dingin ini, dan umumnya disepanjang karir, (Anda) tidak segan berbicara tentang Valentino bahwa ia telah melakukan kesalahan. Namun belakangan ini, berbicara tentang Ducati, tidak segan mengkritik.
J: Karena saya tidak mengkritik. Aku hanya bilang bahwa saya tidak seperti Burgess dan Valentino yang telah berbicara buruk tentang saya pada akhir tahun lalu. Mengatakan bahwa mereka tahu potensi sebenarnya dari sepeda motor. Atau Jeremy mengatakan bahwa hanya membutuhkan waktu 18 detik untuk menyeting motor karena memiliki tune yang sangat sederhana. Mereka mengambil bulan dan bulan dengan motor dan tidak memperbaiki. Bagi saya, mereka harus menutup mulut karena mereka tidak menyadari
bagaimana naik motor ini. Sekarang mereka memiliki rasa hormat yang lebih bagi saya dan team saya, jadi saya lakukan. Tapi aku tidak mengkritik mereka dalam seluruh musim. Anda mungkin telah salah paham beberapa kalimat.

T: Keputusan Valentino termasuk gila atau satu-satunya cara ke depan mengingat Yamaha memilih untuk tetap dengan Lorenzo?
J: Valentino perlu merasakan bagian paling penting dari peralatan. Tentu saja, tidak akan pergi ke Honda atas apa yang terjadi. Saya tidak tau yang sebenarnya. Yamaha tidak bisa karena dia tidak memenangkan Piala Dunia, sehingga saya tidak pantas memberinya uang banyak. Jadi saya harus pergi ke mana Anda membayar lebih dan Anda ingin lebih. Ia berbicara dengan Burgess dan berkata, “Ya, kita bisa memperbaiki motor ini (dengan) mudah” dan melihat potensi Ducati tinggi. Saya juga ingin petualangan dan saya ingin tantangan lain seperti Yamaha, tapi ini mungkin tidak begitu mudah.

T: Saya tahu Anda tidak suka bicara tentang jatuh, tetapi ketika anda berbicara dengan banyak sepeda motor, kau bilang ‘Jangan khawatir tentang Casey’. Hal ini mampu memenangkan tiga race dan jatuh dua kali. Lorenzo dan Pedrosa yang lebih teratur. Apakah Anda pikir ini pendekatan yang sederhana?
J: Jika kita melihat statistik untuk tiga atau empat tahun terakhir, saya jatuh lebih jarang daripada dalam race Pedrosa dan Lorenzo. Banyak orang hanya melihat tahun lalu, tetapi ditekan lebih daripada di masa lalu. Saya tidak ingin berakhir kelima atau keenam. Aku hanya ingin menyelesaikan di podium atau menang. Saya tidak peduli apa yang mereka katakan. Orang tidak akan pergi dengan motor dan membuatnya kencang. Orang lupa bahwa saya salah satu yang jarang jatuh. Seperti Valentino, atau bahkan kurang. Look at you.

No comments:

Post a Comment