Wednesday, April 6, 2011

Harry Houdini

biografi harry houdini

biografi harry houdini, pesulap harry houdini, harry houdini sang pesulap




Harry Houdini (1874-1942) adalah pesulap yang paling terkenal, bahkan sampai beberapa decade setelah kematiannya. Mesikpun begitu, ia pernah tak dikenal orang. Sebelum mengubah namanya dari Erich Weiss menjadi Houdini, ia bermain dalam skala kecil- kebanyakan adalah sulap kartu, ditambah atraksi meloloskan diri yang biasa-biasa saja diatas panggung berbayaran murah.
Suatu hari, dalam keadaan bangkrut dan depresi, Houdini bahkan tidak memiliki cukup uang untuk membeli tiket kereta yang sangat ia perlukan. Terinspirasi oleh keadaan tersebut Houdini punya ide cemerlang, ia lalu memborgol tangannya sendiri dir el kereta api, berharap masinis akan berhenti dan membiarkan ia naik dengan gratis. Namun bukan itu yang terjadi, para penumpang membayari tidak Houdini justru tidak sabar untuk melihat aksi-aksinya.
Rupanya selain bisa menumpang gratis, Houdini mendapat pelajaran bahwa pada saat-saat tertentu sesuatu yang berbahaya bisa menjual. Sejak kejadian tersebut nama Houdini mulai terkenal dan berpindah dari panggung berbayaran murah ke panggung megah berbayaran mahal.
Houdini secara bertahap membuat permainannya lebih dramatis lagi. Misalnya, melepaskan diri dari straitjacket (jacket yang sering digunakan untuk mengikat pasien sakit jiwa) sambil digantung diatas ketinggian 30 tingkat diatas jalan.


HARRY HOUDINI
Harry houdini lahir di budapest,hongaria,25 maret 1874 namun houdini berhasil menjadi seorang pesulap terkemuka didunia di amerika serikat.pesulap pertama yang paling dikenal diseluruh dunia ini boleh saja tidak percaya akan dunia arwah.nyatanya arwah houdini dikabarkan sering muncul di banyak lokasi.Misalnya diJacki Gaughan`s plaza hotel di Las Vegas.ada sebuah pertunjukan sulap yang dirancang untuk menghormati kehebatan Houdini.Kru panggung mengatakan ruang pertunjukan itu sering didatangi seorang lelaki yang senang memainkan peralatan sulap.


Harry Houdini (Budapest, Hongaria, 24 Maret 1874–Detroit, 31 Oktober 1926) adalah seorang pesulap terkemuka asal Amerika Serikat. Pesulap dengan nama asli Enrich Weiss ini paling dikenal melalui trik-trik meloloskan dirinya, antara lain melepaskan diri dari ikatan tali, borgol, rantai, dan yang paling terkenal: trik Chinese water torture, di mana Houdini yang tubuhnya digantung terbalik berhasil meloloskan diri dari lemari kaca yang diisi penuh dengan air.

Houdini mulai menjadi pesulap pada tahun 1891. Awalnya ia hanya berkutat pada sulap-sulap kartu, namun kariernya menanjak sejak memfokuskan diri pada aksi-aksi meloloskan diri. Pertunjukan terakhir Houdini berlangsung pada 24 Oktober 1926. Sehari kemudian ia masuk rumah sakit dan meninggal dunia akibat peritonitis di bagian umbai cacing pada 31 Oktober 1926.

Dalam dunia sulap, Harry Houdini adalah legenda besar. Dedikasinya kerap dijadikan inspirasi oleh pesulap-pesulap yang ada di seluruh dunia. Keberaniannya melawan maut membuat decak kagum penerus-penerusnya.

Pesulap yang akrab dengan borgol dan segala jenis rantai pengikat lainnya ini memang layak dikenang di kalangan magicians. Oleh karena itu, buku biografi bergambar ini merupakan sebuah bentuk penghormatan dari generasi pengikutnya untuk Houdini.

Buku ini secara kronologis mengisahkan Houdini semenjak lahir di Budapest, Hungaria –pada tanggal 24 Maret 1874. Kemudian, mengupas sepak-terjang sang maestro Escapolgy (sebuah praktek ilusi ilmu sulap dalam meloloskan diri dari pengikat bagian-bagian tubuh atau halangan-halangan lain) dalam setiap stunts- dan feats performance sampai dengan detik-detik perjuangannya berhadapan dengan ajal.

Kematiannya sungguh masih misteri sampai detik ini. Demikianlah kalau memang seorang tokoh mau dikenang sepanjang masa. Terlepas dari itu, kehidupan Houdini adalah kehidupan dunia sulap yang tak bisa dilupakan oleh para pesulap manapun. Sosoknya mewarnai momen-momen penting dalam belantara panggung persulapan dunia.


Streets of Laurel Canyon

The woodsy area in the Hollywood Hills now known as Laurel Canyon was originally inhabited by the Tongva. A spring-fed stream attracted Mexican shepherds in the 18th century. After the region became part of the US, Anglos arrived. About 100 years ago, the area was divided up, cabins were erected and the area was marketed to vacationing tourists. The first movie made in Hollywood was shot in Yucca Corridor in 1910. Though the film industry remained centered in Edendale for a few years, it gradually shifted to Hollywood and Laurel Canyon became the home of some of the burgeoning industry's photo-players.
Laurel Tavern

Famed cowboy star Tom Mix bought the Laurel Tavern and converted it into his residence. Mary Astor had a love nest on Appian Way. Gay Mexican "Latin Lover" Ramón Novarro lived there until his murder in 1968.
Tom Mix Mary Astor Ramon Novarro Harry Houdini Louise Brooks

Though better known as an escapologist, Hungarian magician Harry Houdini sometimes acted in the silent era and was another resident to Laurel Canyon. Other stars of the silent screen who made Laurel Canyon their home include Louise Brooks, Clara Bow, Theda Bara, Bessie Love, Wallace Reid and Norman Kerry.

Clara Boy Theda Bara Bessie Love Wallace Reid Norman Kerry

After most of the movie stars left, the rustic neighborhood was still a draw from some bohemian types. It was there, in 1948, that actors Robert Mitchum and Lila Leeds were busted for possession of jazz cigarettes. Mitchum moved away in the '60s. The next influx of inhabitants were more often part of the music industry.


No comments:

Post a Comment