Friday, October 7, 2011

Marc Marquez Belum Siap ke MotoGP

Foto: Marc Marquez saat naik podium dua di GP Jepang/Reuters
Pembalap Moto2 Marc Marquez menyambut antusias kabar yang menyebutnya bakal dipromosikan ke MotoGP, musim depan. Akan tetapi, pembalap muda Spanyol ini mengaku belum punya modal yang cukup untuk terjun di kelas paling bergengsi tersebut.
Musim ini, Marquez untuk pertama kali sukses memimpin klasemen sementara Moto2, setelah finis kedua pada seri GP Jepang, akhir pekan kemarin. Marquez yang mengoleksi 235 poin, unggul satu angka dari pesaing terkuatnya Stefan Bradel di tempat kedua.
Di tiga balapan tersisa musim ini, pembalap yang membela tim Repsol Honda ini berpeluang besar menggondol trofi juara di akhir musim. Hal ini pastinya bakal memperbesar peluangnya promosi ke MotoGP. Terlebih, salah satu orang dalam Honda mengatakan bahwa pihak Repsol Honda telah menyetujui permintaan manajemen Marquez untuk membawanya naik kelas ke MotoGP bila sukses jadi juara dunia.

Menyikapi kondisi ini, Marquez tentu senang bukan kepalang. Namun, pembalap 18 tahun ini tak ingin terlalu larut dalam euforia dan memilih untuk bersikap realistis. Mengingat persaingan yang sangat ketat di MotoGP, Marquez menyiratkan bahwa dirinya masih akan bertahan di Moto2, paling tidak untuk setahun ke depan.

“Kita lihat saja tahun depan. Tapi, saya pikir untuk saat ini Moto2 adalah tempat ideal untuk saya,” tutur Marquez sebagaimana dikutip MCN, Jumat (7/10/2011).

Di tempat terpisah, bos tim Emilio Alzamora mengamini bila Marquez memiliki peluang untuk bergabung dengan Honda dan naik kelas ke MotoGP. Namun, Alzamora menyatakan bila pembalap kesayangannya ini juga tengah diminati salah satu tim besar, Yamaha.

“Semuanya memungkinan. Tapi, tentu ada banyak tim yang tertarik kepada Marc. Honda sangat tertarik kepada Mark untuk proyek masa depan dan saya tidak tahu apakah hal itu akan dilakukan musim depan atau tidak,” sambungnya.

“Yamaha juga menginginkan Marc di masa depan. Jadi, belum ada yang bisa diputuskan. Terus di Moto2 juga tidak masalah. Dia masih muda dan masih punya banyak waktu. Saat nantinya Marc ke MotoGP, dia harus dalam situasi yang benar-benar siap untuk mengendalikan motor pabrikan dan berada di tim yang sempurna,” tutupnya.

No comments:

Post a Comment