Friday, October 14, 2011

Dianggap “Tidak Bertanggung Jawab”, Marquez Kena Penalty

Rider muda Spanyol Marc Marquez diganjar hukuman berupa tambahan satu menit pada waktu yang akan dihasilkannya di sesi kualifikasi Grand Prix Australia. Ini merupakan buntut atas kejadian pada sesi latihan Moto2 pada Jumat pagi (14/10/11) kemarin.


Marquez Wlairot Crash Australia 300x166 Dianggap Tidak Bertanggung Jawab, Marquez Kena PenaltyBermula ketika Marquez berusaha menebus waktu yang hilang karena sempat terjatuh, ia terus naik dengan kecepatan tinggi setelah bendera finish – dan akhirnya menabrak bagian belakang motor Ratthapark Wilairot yang bergerak lambat saat melalui turn 2.

Insiden tersebut langsung diinvestigasi oleh Race Direction. Dalam sebuah pernyataannya FIM mengatakan bahwa Márquez telah ‘berkendara secara tidak bertanggung jawab’, menyebabkan bahaya bagi Wilairot yang merupakan pelanggaran Pasal 1.21.2 Regulasi FIM Road Racing World Championship Grand Prix 2011.

Tim CatalunyaCaixa Repsol sempat melakukan banding, namun FIM menegaskan keputusan Race Direction sudah final.

Wilairot diterbangkan ke rumah sakit untuk pemeriksaan medis, sementara Marquez mengalami luka ringan dan mampu mengambil bagian dalam sesi sore, dimana ia finish di posisi ke-17.

“Ketika sesi hampir selesai saya keluar untuk melakukan putaran dan memastikan bahwa semuanya baik setelah kecelakaan (pertama). Ketika sesi berakhir dan setelah garis finish, saya sedang menyelesaikan putaran untuk kembali ke garasi ketika di tikungan ketiga – yang sangat cepat – saya melihat ada pembalap (lain),” kisah Marc seperti dikutip oleh Crash.

“Saya tidak naik terlalu cepat, tapi track ini sangat cepat dan di tikungan, yang biasanya diambil dalam (gigi) lima, saya mungkin di empat. Ketika pembalap lain keluar dari jalan saya melihat Wilairot ada di belakangnya dan saya tidak bisa mengerem.”

“Saya harap dia baik-baik saja, karena itu kecelakaan keras dan saya tidak mengalami cedera serius, jadi saya berharap yang terbaik untuknya.”

Marquez saat ini sedang memimpin kelasemen semntara dengan hanya unggul 1 poin dari Stefan Bradl.

No comments:

Post a Comment