Friday, October 7, 2011

Andrea Dovizioso Pilih Yamaha

Andrea Dovizioso telah mendapat proposal kontrak untuk musim 2012 dari dua tim satelit MotoGP: Yamaha Tech 3 dan LCR Honda MotoGP. Meski belum diumumkan secara resmi, Dovi dikabarkan telah menjatuhkan pilihan pada Yamaha.


Dovizioso Yamaha Andrea Dovizioso Pilih Yamaha

Ini tentu merupakan sebuah keputusan yang sulit buat Dovi. Selama ini ia dikenal sebagai salah satu rider Honda yang setia. Rider Italia itu sudah bersama Honda sejak berlaga di kelas 125cc dan sempat menghasilkan satu title juara dunia (2004).

“Keputusan sudah saya buat, masih belum ada status resmi karena masih ada beberapa rincian untuk diperbaiki, tapi kami sepakat dan bagi saya itu lebih baik. Saya menandatangani perjanjian tahunan yang akan berakhir pada akhir 2012. Masih ada perombakan secara umum, itu adalah hal yang benar untuk dilakukan,” ungkap Dovizioso seperti dilansir oleh GPone.

Jika melihat kondisi saat ini, melanjutkan hubungan dengan Honda sepertinya memang kurang menjanjikan masa depan buat rider pengguna nomo 4 itu.

Meskipun Lucio Cacchinello menjanjikan akan menyewakan motor spesifikasi pabrikan kepada HRC, tetapi tidak ada jaminan baginya untuk bisa mendapatkan update komponen secepat yang diperolah Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Marco Simoncelli.

Selain itu, peluang Dovi untuk kembali naik ke tim pabrikan sangat kecil. Casey dan Dani sepertinya akan sangat kokoh di posisinya sekarang. Dan jika tahun depan Simoncelli bisa menunjukkan performa lebih baik, peluang Dovi akan semakin kecil. Belum lagi mengingat HRC dan Repsol sudah punya “pangeran” baru yakni Marc Marquez.

Sedangkan di tim Tech 3, Andrea punya peluang sedikit lebih banyak. Meski hanya bergabung dengan tim satelit, fakta menunjukkan kesenjangan antara motor pabrikan dan motor satelit Yamaha tidaklah sebesar di Honda. Selain itu, dua pembalap Yamaha Factory Racing saat ini, Jorge Lorenzo dan Ben Spies sama-sama akan menghabiskan kontraknya di akhir tahun 2012 nanti.

Andai Dovizioso bisa menunjukkan performa bagus dengan tim Tech 3, peluangnya untuk naik ke tim pabrikan Yamaha akan terbuka atau setidaknya bisa bertahan lama disana seperti yang pernah dialami oleh Colin Edwards.

No comments:

Post a Comment