Wednesday, April 20, 2011

Suter-BMW Bantah Dapat Dukungan Pabrik

Regulasi MotoGP 2012 yang memungkinkan team peserta menggunakan mesin produksi massal (dengan modifikasi) sepertinya membuat Suter-BMW, salah satu team yang santer diberitakan akan turun di kelas puncak musim 2012, lebih memilih menjadi team independen tanpa dukungan pabrikan (BMW).


damian cudlin suter bmw moto1 Suter BMW Bantah Dapat Dukungan Pabrik

Belakangan beredar isu bahwa Leon Haslam akan menunggang Suter-BMW dalam tes usai lomba di Estoril, Portugal. Gosip tentang uji coba oleh rider Inggris yang saat ini balap untuk tim pabrikan BMW di World Superbike itu muncul hampir bersamaan dengan pengumuman bahwa prototype Moto1 akan beredar di Portugal pada tanggal 2 Mei, atau hari berikutnya. Dalam kesempatan itu team-team baru diberi kesempatan untuk membandingkan secara langsung mesin mereka dengan mesin 800cc MotoGP saat ini.

Michael Bartholemy, mantan manager team Kawasaki yang kini menjadi pimpinan Marc VDS Racing Moto2 membantah desas-desus bahwa mereka akan melibatkan Leon Haslam dalam uji coba. Bartholemy juga menegaskan proyek Suter-BMW benar-benar independen.

“Proyek Suter benar-benar independen dari BMW, dan belum ada kontak dengan Leon Haslam,” demikian klarifikasi dari Bartholemy seperti dikutip oleh situs GPONE.

Pernyataan tersebut sekaligus merupakan bantahan atas isu selama ini yang menyatakan Dorna meloloskan BMW menggunakan mesin pabrikan namun terdaftar dalam team CRT (Claiming Rules Term).

Seperti yang sudah M0T0GP BL0G bahas dalam posting sebelumnya, team CRT mendapat pengecualian dalam hal penggunaan jumlah mesin dan bahan bakar. Mereka mendapat jatah dua kali lipat jumlah mesin yang diberikan dan juga dimungkinkan untuk menggunakan 24 liter bahan bakar, bukan 21 liter seperti halnya team pabrikan.

Suter-BMW sudah diuji sekali di Jerez, oleh rider Damian Cudlin dan Carmelo Morales, dengan hasil catatan waktu sekitar empat detik lebih lambat dari Karel Abraham yang saat itu test menggunakan Ducati GP11. Menurut para rider itu, karakteristik motor mirip dengan Moto2, tapi masih kurang power.

Untuk uji terbaru, prototype, yang menggunakan elektronik yang disediakan oleh Bosch, akan diuji coba oleh Scot Redding, yang saat ini balap untuk Marc VDS di Moto2.

No comments:

Post a Comment