Wednesday, April 13, 2011

MotoGP Texas Mulai 2013 Hingga Sepuluh Tahun

Dorna Sports, S.L., 3FourTexasMGP, LLC dan Full Throttle Productions, LP, mengumumkan penandatanganan kesepakatan akan digelarnya FIM Road Racing World Championship Grand Prix (MotoGP) di sirkuit baru Amerika di Austin, Texas. Tak tanggung-tanggung, kesepakatan ditandatangani untuk 10 tahun dan akan dimulai pada tahun 2013. Kesepakatan ini cukup mengejutkan. Bukan hanya karena sirkuit Austin saat ini belum dibangun tetapi juga lantaran saat ini Amerika sudah punya dua sirkuit yang menggelar MotoGP yakni Laguna Seca dan Indianapolis.


layout Austin Texas MotoGP Texas Mulai 2013 Hingga Sepuluh Tahun

Seri Laguna Seca menjadi seri yang terancam bakal ditiadakan, mengingat seri ini hanya mau memperlombakan kelas primer MotoGP saja. Sedangkan Dorna dengan sirkuit Austin telah sepakat akan menggelar ketiga kelas (MotoGP, Moto2 & Moto3). Namun, Laguna Seca masih punya kontrak dengan Dorna hingga tahun 2014.

So, kekhawatiran beralih ke Indianapolis. Pihak Indianapolis Motor Speedway saat ini dikabarkan tengah mengupayakan negosiasi perpanjangan kontrak dengan Dorna. Tapi, jika seri Laguna Seca berlanjut setelah musim 2014, besar kemungkinan Indianapolis akan dicoret dari kalender MotoGP. Apalagi, santer kabar Dorna juga tengah berusaha membawa sirkus MotoGP kembali ke Amerika Selatan.

Selain Amerika, Dorna juga kabarnya akan menggelar perhelatan balap motor kelas dunia itu menuju Abu Dhabi dan juga India.

Pertanyaannya kemudian, akankah MotoGP digelar hingga 20 seri atau lebih?

Bisa iya, tapi besar kemungkinan tidak. Isu yang berkembang saat ini, penambahan seri MotoGP di luar Eropa akan diimbangi dengan menghilangnya beberapa seri di daratan Eropa. Estoril (Portugal) dan Sachsenring (Jerman) kabarnya bakal hilang dari kalender. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

No comments:

Post a Comment